MAKNA FUKUGOUDOUSHI DALAM BUKU NEW APPROACH CHUUKYUU NIHONGO.

Herlina, Sunarti and Ni Luh, Suparwati and Alya, Fauziyah (2019) MAKNA FUKUGOUDOUSHI DALAM BUKU NEW APPROACH CHUUKYUU NIHONGO. Prosiding Seminar Hasil Penelitian Semester Genap 2018/2019, VII (1). pp. 39-47. ISSN 2337-7976

[img] Text
Herlina_MAKNA FUKUGOUDOUSHI.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://repository.unsada.ac.id/cgl/oai2

Abstract

Dalam bahasa Jepang, verba majemuk atau fukugoudoushi memiliki jumlah yang sangat banyak dan bervariasi dibandingkan dengan jenis fukugougo lainnya. Sebanyak 40% kelas verba bahasa Jepang saat ini adalah verba majemuk. Dengan kata lain, tentunya banyak verba majemuk yang muncul dalam buku pelajaran sehingga dirasa perlu untuk mengadakan penelitian agar dapat menjelaskan dengan baik secara runut bagaimana pembentukan, penggunaan serta makna kata fukugoudoushi yang muncul terutama pada bahan ajar yang digunakan. Objek analisis pada penelitian ini adalah buku ajar New Approach Chuukyuu Nihongo yang dipergunakan mahasiswa Universitas Darma Persada semester III dan IV pada mata kuliah Hyougen I dan II. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dari analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa jumlah verba majemuk atau fukugoudoushi yang terdapat dalam buku New Approach Chuukyuu Nihongo ada sebanyak 38 buah. Klasifikasi unsur pembentuk fukugoudoushi yaitu verba depan (V1) dengan verba belakang (V2) dianalisis dari teori yang terdapat pada buku teks Morfologi karangan Chonan Kazuhide, Ph.D yang membagi menjadi 2 grup yaitu tougouteki fukugoudoushi dan goiteki fukugoudoushi, serta dijelaskan pula makna dari masing-masing verba tersebut dan makna bentukannya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: fukugoudoushi, kelas kata, New Approach, Chuukyuu Nihongo, Hyougen
Subjects: 400 Language/Bahasa > 495.6 Japanese/Bahasa Jepang
Divisions: Fakultas Bahasa Dan Budaya > Bahasa dan Kebudayaan Jepang
Depositing User: Setyo Renny Perpustakaan
Date Deposited: 30 Jan 2020 07:15
Last Modified: 30 Jul 2021 13:32
URI: http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/1090

Actions (login required)

View Item View Item