Penguasaan Struktur Kalimat Bahasa Inggris Mahasiswa Universits Darma Persada Tahun 2019-2020 Dikaitkan dengan Kemampuan Menyusun Paragrap Deskripsi

Juliansyah, Juliansyah (2020) Penguasaan Struktur Kalimat Bahasa Inggris Mahasiswa Universits Darma Persada Tahun 2019-2020 Dikaitkan dengan Kemampuan Menyusun Paragrap Deskripsi. Working Paper. Juliansyah, Jakarta. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
makalah penelitian_semester genap 2019 2020 agustus 2020.pdf

Download (483kB) | Preview
Official URL: http://repository.unsada.ac.id/cgi/oai2

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Deskriptif yang bertujuan untuk menemukan dan menjelaskan kekeliruan yang dibuat mahasiswa dalam menulis kalimat sederhana dan kalimat komplek dalam paragrap deskripsi atau descriptive paragraph. Penelitian ini juga dilaksanakan dalam bentuk penelitian eksperimen dengan tujuan untuk mengetahui model bahan ajar yang tepat untuk mengurangi bahkan memperbaiki kekeliruan yang ditemukan dalam penulisan kalimat sederhana dan kalimat komplek tersebut. Objek penelitian ini adalah 56 mahasiswa program studi bahasa Inggris semester pertama yang dibagi ke dalam 2 kelas. Penelitian berlangsung dalam 2 tahapan sesuai dengan tujuan penelitian, yaitu: (a) mengetahui kekeliruan mahasiswa dalam penulisan kalimat sederhana dan kalimat komplek dalam suatu paragrap deskripsi, dan (b) mengembangkan bahan ajar yang tepat untuk pengajaran paragarap deskripsi berdasarkan kekeliruan yang dibuat mahasiswa. Data penelitian diperoleh dari hasil kuesioner dan tes yang diberikan. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa 79% mahasiswa mampu membuat kalimat sederhana secara baik dan benar sesuai tata bahasa Inggris. Selanjutnya, penelitian mengidentifikasi 3 jenis kekeliruan mahasiswa terkait penulisan kalimat sederhana. Untuk kemampuan menulis kalimat komplek, peneliti menemukan bahwa hanya 38% mahasiswa yang mampu membuat kalimat komplek secara baik dan benar dan terdapat 4 jenis kekeliruan umum yang ditemukan saat mahasiswa menulis kalimat komplek. Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti menyimpulkan bahwa kemampuan menulis kalimat komplek harus menjadi perhatian lebih dari dosen yang mengajar. Terkait dengan pengembangan bahan ajar, maka penelitian ini merekomendasikan latihan-latihan yang akan dapat mengurangi atau menghilangkan kekeliruan yang ditemukan. Kata kunci: kalimat, sederhana, komplek, deskripsi, pengembangan

Item Type: Monograph (Working Paper)
Subjects: 400 Language/Bahasa > 421 Writing System/Sistem Tulisan dalam Bahasa Inggris, Penulisan dalam Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Bahasa Dan Budaya > Bahasa Inggris D3
Depositing User: Ian Juliansyah D3 Bahasa Inggris
Date Deposited: 24 Aug 2020 10:43
Last Modified: 26 Aug 2020 02:56
URI: http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/1358

Actions (login required)

View Item View Item