Metode Pengajaran Nihongo Kiso Renshuu I Berdasarkan Respon dari Peserta Mata Kuliah Gaikokugo Kyoujuhou

Herlina, Sunarti and Bertha, Nursari and Ni Luh, Suparwati (2021) Metode Pengajaran Nihongo Kiso Renshuu I Berdasarkan Respon dari Peserta Mata Kuliah Gaikokugo Kyoujuhou. Prosiding Seminar Hasil Penelitian Semester Ganjil 2020/2021, VIII (1). pp. 30-46. ISSN 2337-7976

[img] Text
Herlina Sunarti, Bertha Nursari, Ni Luh Suparwati.pdf

Download (823kB)
[img] Text
Reviewer Metode Pengajaran Nihongo Kiso Renshuu I Berdasarkan Respon dari Peserta Mata Kulih Gaikokugo Kyoujuhoi.pdf

Download (518kB)
Official URL: http://repository.unsada.ac.id/cgi/oai2

Abstract

Mata kuliah Gaikokugo Kyoujuhou atau Metode Pengajaran Bahasa Asing merupakan mata kuliah pilihan yang ditawarkan kepada mahasiswa semester 5. Kelanjutan dari mata kuliah ini adalah mata kuliah Praktek Mengajar 1 dan 2. Tugas akhir rangkaian mata kuliah pilihan ini adalah mahasiswa melaksanakan praktek mengajar pada mata kuliah Nihongo Kiso Renshuu 1 atau Tata Bahasa Jepang Dasar dengan menggunakan metode yang telah diajarkan pada mata kuliah Gaikokugo Kyoujuhou. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, hasil kuesioner dijabarkan secara rinci. Untuk mendukung data-data di lapangan dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner atau angket menggunakan googleform, kemudian hasil yang didapat dianalisis dengan metode statistik deskriptif untuk mendeskripsikan data yang terkumpul dari kuesioner ini. Responden berjumlah 17 orang merupakan mahasiswa yang telah mengikuti mata kuliah Gaikokugo Kyoujuhou di semester sebelumnya. Pertanyaan dalam kuesioner terdiri dari 12 pertanyaan dan hasilnya ditunjukkan dengan persentase. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon dari mahasiswa yang menjadi responden kuesioner mengenai sejauh mana mereka dapat memahami metode-metode pengajaran dan mengaplikasikannya dalam praktik pengajaran mata kuliah Nihongo Kiso Renshuu I. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pilihan metode pengajaran apa yang dianggap paling efektif oleh responden untuk mengajar mata kuliah Nihongo Kiso Renshuu I. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada tiga metode yang paling banyak dipilih oleh respoden untuk mengajarkan Nihongo Kiso Renshuu I yaitu Grammar Translation Method, Audio Lingual dan CLL (Communicative Language Learning).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Gaikokugo Kyoujuhou, Nihongo Kiso Renshuu, Grammar Translation Method, Audio Lingual dan CLL (Communicative Language Learning).
Subjects: 400 Language/Bahasa > 495.6 Japanese/Bahasa Jepang*
Divisions: Fakultas Bahasa Dan Budaya > Bahasa dan Kebudayaan Jepang
Depositing User: Trie anto Perpustakaan
Date Deposited: 03 Mar 2021 07:25
Last Modified: 28 Apr 2022 03:37
URI: http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/1616

Actions (login required)

View Item View Item