Analisis Bentuk “- Te iru” Dalam Buku Ajar Bahasa Jepang Tingkat Dasar dan Aplikasinya Dalam Identifikasi Fungsi Bentuk “-Te iru” di Wacana Bahasa Jepang Tingkat Menengah

Hari, Setiawan (2011) Analisis Bentuk “- Te iru” Dalam Buku Ajar Bahasa Jepang Tingkat Dasar dan Aplikasinya Dalam Identifikasi Fungsi Bentuk “-Te iru” di Wacana Bahasa Jepang Tingkat Menengah. [Experiment]

[img] Text
hari setiawan_identifikasi fungsi di wacana_revisi.pdf

Download (897kB)

Abstract

Aspek, khususnya bentuk “-Te iru” dalam tata bahasa Jepang merupakan salah satu bentuk perubahan verba yang sangat sulit untuk dipelajari (Teramura, 1984). Bahkan ada penelitian yang membuktikan bahwa pembelajar bahasa Jepang tingkat menengah ke atas pun masih belum bisa mengerti fungsi-fungsi dasar dan belum bisa menggunakan bentuk perubahan verba “-Te iru” ini dengan baik dan benar (Kyo, 2000). Sampai saat ini, penelitian yang berkaitan dengan bentuk “-Te iru” sebagian besar merupakan penelitian yang berkaitan dengan output pembelajar bahasa Jepang sebagai sumber datanya. Sebagai contoh, penelitian yang menggunakan hasil wawancara dengan pembelajar bahasa Jepang sebagai data, atau penelitian yang menggunakan hasil tes tata bahasa yang dilakukan oleh pembelajar bahasa Jepang. Dalam proses belajar, output yang dihasilkan pembelajar sangat berkaitan dengan input yang didapat pembelajar tersebut, namun sejauh pengetahuan penulis, penelitian yang mengaitkan hasil belajar dengan input belajar, khususnya pada bentuk “-Te iru” ini belum ada. Dengan latar belakang tersebut penulis tertarik untuk membuat analisa bentuk “-Te iru” dengan input belajar sebagai data acuannya.

Item Type: Experiment
Uncontrolled Keywords: -Te Iru, Aspek
Subjects: 400 Language/Bahasa > 495.65 Japanese/Bahasa Jepang (Tata Bahasa)
Divisions: Fakultas Bahasa Dan Budaya > Bahasa dan Kebudayaan Jepang
Depositing User: Hari Setiawan
Date Deposited: 28 Jul 2021 08:45
Last Modified: 28 Jul 2021 08:45
URI: http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/1736

Actions (login required)

View Item View Item