Yoshuu Dan Fukushuu Mahasiswa Dalam Meningkatkankan Pemahaman Bacaan Pada Mata Kuliah Dokkai (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Sastra Jepang )

Juariah, Juariah and Kun M, Permatasari and Riri, Hendriati (2018) Yoshuu Dan Fukushuu Mahasiswa Dalam Meningkatkankan Pemahaman Bacaan Pada Mata Kuliah Dokkai (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Sastra Jepang ). Prosiding Seminar Hasil Penelitian Semester Genap 2017/2018. ISSN 2337-7976

[img] Text
Juariah_Yoshuu Dan Fukushuu Mahasiswa Dalam Meningkatkankan Pemahaman Bacaan Pada Mata Kuliah Dokkai.pdf

Download (325kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi penelitian sebelumnya bahwa sebagian mahasiswa pada saat perkuliahan dokkai masih kesulitan mengikuti dan memahami suatu bacaan karena kurangnya persiapan dalam menghadapi perkuliahan. Oleh karena itu melalui penelitian ini diteliti sejauh mana yoshuu (persiapan belajar) dan Fukushuu (kegiatan mengulang pelajaran) dilakukan oleh mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dokkai V dan VI pada mahasiswa semester 5 dan 6 Universitas Darma Persada. Di penelitian ini diteliti pula sejauh mana kegiatan yoshuu dan fukushuu ini mempengaruhi proses kegitaan pembelajaran dan nilai hasil pembelajaran mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian dari 31 orang responden bahwa seluruh responden atau 100% menyadari bahwa Yoshuu dan Fukushuu baik pada bagian pembahasan tata bahasa bagian menelaah bacaan itu penting. Namun pada bagian pembahasa tata bahasa hanya 25.8% saja yang selalu melakukan persiapan belajar sisanya 74.3% hanya kadang-kadang saja melakukan persiapan. Sedangkan pada bagian menelaah bacaan hanya 19.4% saja yang mempersiapkan pembelajaran. Sedangkan Fukushuu (mengulang pelajaran) untuk yang bagian tata bahasa71% kadang-kadang melakukan dan yang tidak melakukan fukushuu 16.1%, sedangkan untuk bagian pemahaman bacaan tidak pernah membaca ulang bahan bacaan selain saat UTS atau UAS sebanyak 41.9% selebihnya tidak pernah membaca ulang bacaan kecuali kadang-kadang atau bila sempat. Berdasarkan hasil penilaian terhadap ujian UTS dan UAS mahassiswa dapat terlihat bahwa mahasiswa yang selalu melakukan yoshuu dan fukushuu memang memiliki nilai lebih tinggi dibandingkan dengan mahasiswa yang kurang persiapan maupun yang tidak pernah melakukan yoshuu dan Fukushuu. Oleh karena itu dibutuhkan metode pembelajaran yang lebih efektif demi meningkatkan semangat melakukan Yoshuu dan Fukushuu, telah dicoba metode presentasi dan hasilnya bahwa metode ini dapat meningkatkan semangat mahasiswa dalam melakukan yoshuu dan Fukushuu.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Yoshuu, Fukushuu, Dokkai
Subjects: 400 Language/Bahasa > 495.6 Japanese/Bahasa Jepang
Divisions: Fakultas Bahasa Dan Budaya > Bahasa dan Kebudayaan Jepang
Depositing User: Hari Setiawan
Date Deposited: 29 Jul 2021 03:21
Last Modified: 29 Jul 2021 03:21
URI: http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/1740

Actions (login required)

View Item View Item