Bertha, Nursari and Zainur, Fitri (2018) INTERVENSI ORANGTUA TERHADAP SISTEM PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DI JEPANG (DRAMA TV “MONSTER PARENT”). Prosiding Seminar Hasil Penelitian Semester Ganjil 2017/2018, VI (1). pp. 94-106. ISSN 2337-7976
Text
INTERVENSI ORANGTUA TERHADAP.....pdf Download (2MB) |
Abstract
Drama TV Monster Parent adalah drama tv yang ditayangkan pada tahun 2008, mengacu pada situasi masyarakat pada saat itu, di mana muncul julukan terhadap orangtua yang terlalu ikut campur dalam pola didik di sekolah dasar. Julukan terhadap orangtua ini adalah Monster Parent. Dalam drama berjumlah sebanyak 11 episode ini ditampilkan berbagai masalah yang muncul dan cara mengatasi permasalahan tersebut. Itsuki Takamura, sebagai tokoh utama, bekerja sama dengan Kyoiku Inkai, yang bertugas untuk menanggapi dan mengatasi permasalahan di sekolah dasar yang tidak bisa diselesaikan oleh sekolah dasar tersebut. Tentunya, ada beberapa hal yang sedikit dilebih-lebihkan karena ini adalah drama tv yang merupakan konsumsi hiburan, tetapi beberapa bentuk tindakan ajaib dari para orangtua yang ditampilkan dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari bukan hanya di Jepang tetapi juga di wilayah asia lainnya. Hal ini dibuktikan dengan adanya beberapa artikel pendukung yang memperlihatkan tindakan dari para monster parent di dunia nyata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intervensi yang muncul di drama tv ini dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | monster parent, pendidikan, intervensi, pelajar, sekolah dasar |
Subjects: | 300 Social Science/Ilmu Sosial > 306.095 2 Japanese culture/Budaya Jepang 300 Social Science/Ilmu Sosial > 361.10952 Japanese Social Problems/Permasalahan Sosial, Masalah Sosial di Jepang 300 Social Science/Ilmu Sosial > 370.190952 Sociology of Education in Japan/Sosiologi Pendidikan di Jepang |
Divisions: | Fakultas Bahasa Dan Budaya > Bahasa dan Kebudayaan Jepang |
Depositing User: | Hari Setiawan |
Date Deposited: | 30 Jul 2021 05:57 |
Last Modified: | 12 May 2022 04:08 |
URI: | http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/1767 |
Actions (login required)
View Item |