Robihim, Robihim and Nani Dewi, Suningsih (2020) PENGARUH KUALITAS LAYANAN AKADEMIK TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA DI UNIVERSITAS DARMA PERSADA. Prosiding Seminar Hasil Penelitian Semester Ganjil 2019/2020, VIII (1).
Text
Ganjil 19-20-Robihim Pengaruh Pelayanan Akademik.pdf Download (253kB) |
|
Text
REVIEWER-PENGARUH KUALITAS LAYANAN AKADEMIK TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA DI UNSADA.pdf Download (478kB) |
Abstract
Kesadaran masyarakat yang semakin tinggi terhadap dunia pendidikan khususnya pendidikan tinggi, menciptakan persaingan yang ketat antar perguruan tinggi dalam hal memberikan pelayanan. Universitas Darma Persada (UNSADA) sebagai perguruan tinggi swasta yang selalu memperhatikan kualitas pelayanan akademik kepada mahasiswa, perlu meningkatkan kualitas pelayanannya menjadi lebih baik lagi. Oleh karena itu feed back dari mahasiswa sebagai pengguna jasa layanan akademik, sangat penting. Oleh karena itu, bukti dalam meningkatnya kualitas layanan pendidikan, harus menjadi perhatian. Berdasarkan pada 5 aspek kepuasan yaitu reliability, Responsiveness, assurance, empathy, tangible, dilakukan pembuatan quesioner dengan beberapa pertanyaan sebagai acuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pada mahasiswa terhadap layanan akademik UNSADA, penyebaran angket tersebut dilakukan kepada mahasiswa sebanyak 145 orang dari berbagai jurusan yang menjadi sampel dalam penelitian. Melalui metode observasional potong lintang yaitu variabel independen dan variabel dependen diukur pada waktu yang bersamaan, kemudian diolah dengan bantuan SPSS Versi 23 melalui metode regresi linear dapat dilihat hasil dari kepuasan mahasiswa terhadap layanan akademik di Universitas Darma Persadan. Berdasarkan hasil quesioner sebagai respon mahasiswa terhadap kualitas layanan akademik di UNSADA, maka hasil yang diperoleh mahasiswa yang menyatakan rasa puas lebih besar, sebesar 86,9%, dibanding yang menyatakan kurang puas, sebesar 13,1%. Jadi dapat disimpulkan bahwa sebagian besar mahasiswa UNSADA menyatakan puas dengan layanan akademik di UNSADA.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Layanan Akademik, Kepuasan Mahasiswa, Universitas Darma Persada |
Subjects: | 300 Social Science/Ilmu Sosial > 306.095 2 Japanese culture/Budaya Jepang |
Divisions: | Fakultas Bahasa Dan Budaya > Bahasa dan Kebudayaan Jepang |
Depositing User: | Hari Setiawan |
Date Deposited: | 30 Jul 2021 05:57 |
Last Modified: | 22 Mar 2022 06:04 |
URI: | http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/1769 |
Actions (login required)
View Item |