Bertha, Nursari and Zainur, Fitri and Metty, Suwandany and Tia, Martia and Dila, Rismayanti and Abdillah, Barqah and Bobby Rizki, Sutanto and Fajriangtias, Fajriangtias (2019) PEMBUATAN BAHAN AJAR BAHASA JEPANG TINGKAT PEMULA MELALUI POP CULTURE. Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Semester Ganjil 2018/2019, IV (1). ISSN 2579-6021
Text
Ganjil 18-19_Bertha Pembuatan Bahan Ajar.pdf Download (879kB) |
Abstract
Pengabdian kepada masyarakat adalah suatu bentuk kegiatan institusi yang diadakan oleh dosen (baik dengan atau tanpa mahasiswa), yang ditujukan untuk masyarakat sebagai salah satu dharma atau tugas pokok perguruan tinggi. Dalam pengabdian masyarakat kali ini, kami melakukan kegiatan pembuatan pembuatan bahan ajar bahasa Jepang tingkat pemula melalui pop culture (kebudayaan populer) berupa modul cetak dan kumpulan video serta gambar pendukung. Di dalam bahan ajar yang kami buat, materi disampaikan melalui kebudayaan populer, sehingga menambah ketertarikan pemelajar terhadap bahasa Jepang terutama pemelajar tingkat pemula. Pembuatan bahan ajar ini kami anggap penting karena dapat menjembatani peminat belajar bahasa Jepang tingkat pemula yang seringkali merasa frustasi dengan keharusan mengenali huruf hiragana, katakana, dan kanji jika ingin mengetahui tentang bahasa dan budaya Jepang. Adanya kegiatan ini bertujuan untuk mempermudah proses pemerolehan bahasa Jepang sekaligus meningkatkan motivasi pemelajar, baik di tingkat SMA dan Universitas. Modul ini berada pada posisi sebagai materi pendamping, sehingga pengetahuan pemelajar akan bertambah dan kemampuan bahasa Jepang juga akan meningkat.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pop culture, pemelajar pemula, bahasa jepang, modul, motivasi belajar |
Subjects: | 400 Language/Bahasa > 495.6 Japanese/Bahasa Jepang |
Divisions: | Fakultas Bahasa Dan Budaya > Bahasa dan Kebudayaan Jepang |
Depositing User: | Hari Setiawan |
Date Deposited: | 30 Jul 2021 10:43 |
Last Modified: | 30 Jul 2021 10:43 |
URI: | http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/1777 |
Actions (login required)
View Item |