Metty, Suwandany and Tia, Martia and Erdanu Elga, Pasukadewo (2022) Fenomena Profesi Byouji Houikushi (病児保育士)ditinjau melalui Drama Serial berjudul 37’5 ᴼ֩C no Namida Karya Sutradara Takeshi Furusawa. Prosiding Seminar Hasil Penelitian 2021/2022, II. ISSN 2798-0596
Text
FENOMENA PROFESI BYOUJI HOUIKUSHI (病児保育士)....pdf Download (2MB) |
Abstract
Jasa perawat bagi anak yang sakit (byoujihoikushi) ini mulai muncul di Jepang sejak tahun 1995, karena semakin banyaknya orang tua ( ayah dan ibu ) maupun orang tua tunggal yang harus bekerja dan meninggalkan anaknya yang sedang sakit di rumah. Mereka dituntut untuk dapat bekerja secara profesional. Jalan terbaik bagi para orang tua itu adalah menyewa tenaga perawat untuk anak yang sakit. Ukuran anak disebut sakit adalah ketika suhu tubuh anak mencapai 37’5 ᴼ֩C. Anak tidak boleh dibawa ke tempat penitipan anak ataupun hadir ke sekolah TK nya, karena dianggap dapat mengganggu teman-temannya. Bahkan bila di sekolah tubuh anak tiba-tiba panas menyentuh suhu 37’5 ᴼ֩C , orang tua di kantor pun segera dihubungi untuk segera menjemput anaknya pulang. Anak harus dirawat di rumah hingga suhu tubuhnya turun. Penelitian ini dibahas dengan konsep fenomenologi social. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah drama 37’5 ᴼ֩C no namida memang pas menggambarkan fenomena para byoujihoikushi (perawat bagi anak yang sakit) dalam menjalankan pekerjaannya. Mereka mengunjungi rumah para klien yang anaknya sedang sakit, merawat anak-anak para klien itu dengan kasih sayang, bermain, memberikan makanan saat jam makan tiba, mencatat semua kejadian dan kegiatan anak-anak itu selama seharian penuh
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | byoujihoikushi, drama, fenomena |
Subjects: | 800 Literature/Kesusastraan > 808.82 Drama Analisa/Drama Analysis |
Divisions: | Fakultas Bahasa Dan Budaya > Bahasa dan Kebudayaan Jepang |
Depositing User: | Julia Ningsih Perpustakaan |
Date Deposited: | 20 Aug 2021 08:09 |
Last Modified: | 25 Jun 2024 02:35 |
URI: | http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/1839 |
Actions (login required)
View Item |