FITUR SINTAKTIS DAN SEMANTIS VERBA DALAM W ACANA PROSEDURAL RESEP BAKPAO BERBAHASA MANDARIN.

Yulie Neila, Chandra and C. Dewi, Hartati and Gustini, Wijayanti FITUR SINTAKTIS DAN SEMANTIS VERBA DALAM W ACANA PROSEDURAL RESEP BAKPAO BERBAHASA MANDARIN. [Experiment]

[img] Text
ARTIKEL UTK PROSIDING FITUR SINTAKTIS DAN SEMANTIS-YNC.pdf

Download (799kB)

Abstract

Artikel ini mencermati fitur sintaktis dan semantis verba dalam teks prosedural(instruktif) resep bakpao ( 包子 atau 馒头). Resep masakan termasuk wacana prosedural atau disebut juga instruktif karena menonjolkan proses, langkah, atau tahap. Dalam resep bakpao berbahasa Mandarin, banyak ditemukan bentuk verba yang berbeda untuk menyatakan makna yang sama atau mirip, begitu pula strukturnya. Tulisan ini bertujuan memahami bentuk dan makna verba bahasa Mandarin dalam konteks resep membuat bakpao, serta memahami strukturnya. Penelitian kualitatif deskriptif ini menggunakan metode kajian distribusional dan padan, serta analisis isi wacana prosedural (instruktif). Hasilnya menunjukkan bahwa perbedaan bentuk verba disebabkan oleh penggunaan struktur, yang mencakup adverbial atau keterangan, dan komplemen. Kalimat berkonstruksi 把 ba ( 把字句) dan preposisi 将 jiang (将字句) untuk memindahkan objek di depan predikat verbanya banyak digunakan dalam teks tersebut dengan melesapkan subjeknya, dan memberi penekanan bahwa tindakan atau perbuatan yang dinyatakan oleh verba tersebut mengakibatkan suatu hasil. Oleh karena itu, komplemen yang banyak muncul di belakang predikat verbanya adalah komplemen hasil/akibat.

Item Type: Experiment
Uncontrolled Keywords: Verba ( 动 词), Fitur Sintaktis dan Semantis, Wacana Prosedural (Instruktif), Objek, Komplemen (Pelengkap)
Subjects: 400 Language/Bahasa > 495.1 Chinese/Bahasa China, Bahasa Mandarin
Divisions: Fakultas Bahasa Dan Budaya > Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok
Depositing User: Setyo Renny Perpustakaan
Date Deposited: 02 Sep 2021 02:53
Last Modified: 02 Sep 2021 02:53
URI: http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/1887

Actions (login required)

View Item View Item