Hari, Setiawan and Ari, Artadi (2018) Peranan Pengetahuan Pemerolehan Bahasa dalam Pengembangan Kompetensi Pengajar Bahasa Jepang. Prosiding Seminar Nasional Peningkatan Kemampuan Bahasa Jepang dalam Lingkungan Kerja Pusat Studi Bahasa Jepang. pp. 1-10. ISSN 978-602-439-400-4
Text
2018_Nop.2018-Prosiding_Peranan Pengetahuan Pemerolehan Bahasa dalam Pengembangan Kompetensi Pengajar Bahasa Jepang.pdf Download (2MB) |
|
Text
Reviewer 2018_Nop.2018-Prosiding_Peranan Pengetahuan Pemerolehan Bahasa dalam Pengembangan Kompetensi Pengajar Bahasa Jepang.pdf Download (609kB) |
Abstract
Berdasarkan hasil survey The Japan Foundation di tahun 2015, Indonesia memiliki jumlah pembelajar bahasa Jepang terbanyak ke-2 di dunia, namun kondisi tersebut tidak diiringi dengan peningkatan jumlah dan kompetensi pengajarnya sehingga proses pendidikan bahasa Jepang di Indonesia dinilai belum bisa berjalan secara maksimal. Pengembangan kompetensi bahasa Jepang di lingkungan pengajar sudah dijalankan oleh berbagai pihak terkait, namun berdasarkan hasil survey berupa angket dan wawancara terhadap pengajar bahasa Jepang dalam penelitian ini, proses tersebut belum memberikan perubahan yang signifikan. Selain itu, hasil survey juga memproyeksikan adanya kelemahan pengajar dalam menyikapi proses pemerolehan bahasanya sendiri dan ketidakberadaan fasilitator belajar. Dengan memiliki pengetahuan mengenai bagaimana bahasa asing diperoleh dan adanya fasilitator belajar, pengajar akan memiliki otonomi dalam proses belajarnya dan bisa mewujudkan pengembangan kompetensi yang lebih efektif.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemerolehan, pendidikan, pengajar, kompetensi, otonomi |
Subjects: | 400 Language/Bahasa > 495.65 Japanese/Bahasa Jepang (Tata Bahasa) |
Divisions: | Fakultas Bahasa Dan Budaya > Bahasa dan Kebudayaan Jepang |
Depositing User: | Trie anto Perpustakaan |
Date Deposited: | 10 Jan 2022 04:02 |
Last Modified: | 10 Jan 2022 04:02 |
URI: | http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/2263 |
Actions (login required)
View Item |