PEMBUATAN DAN PENDAFTARAN MEREK USAHA BAGI IBU-IBU WIRAUSAHA PEMULA DI LINGKUNGAN BLOK A RW 13 JATIWARINGIN ASRI PONDOK GEDE - BEKASI

Ardi, Kusmara and Endang Tri, Pujiastuti and Sukardi, Sukardi and Hermin, Sirait (2022) PEMBUATAN DAN PENDAFTARAN MEREK USAHA BAGI IBU-IBU WIRAUSAHA PEMULA DI LINGKUNGAN BLOK A RW 13 JATIWARINGIN ASRI PONDOK GEDE - BEKASI. Prosiding Seminar Hasi Pengabdian Masyarakat Ganjil 2021/2022, VI. ISSN 2579-6021

[img] Text
PEMBUATAN DAN PENDAFTARAN MEREK USAHA BAGI IBU-IBU...pdf

Download (1MB)
Official URL: http://repository.unsada.ac.id/cgi/oai2

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat pembuatan dan pendaftaran merek usaha bagi ibu-ibu wirausaha pemula di lingkungan Blok A RW 13 Jatiwaringin Asri, Pondok Gede-Bekasi sebagai tindak lanjut kegiatan peltihan pembukuan sederhana yang telah dilaksanakan pada semester gasal 2021/2022 dengan tujuan untuk membekali ilmu atau wawasan bagaimana cara pembuatan merek usaha dan pendaftarannya agar usaha yang telah dirintisnya dapat berkembang dan dikenal masyarakat sehingga dapat meningkatkan penghasilan keluarga. Sasaran kegiatan ini adalah ibu-ibu di lingkungan Blok A RW 13 sebanyak 48 orang dengan jumlah pendafatar yang bersedia mengikuti kegatan ini sebanyak 32 orang dengan pelaksanaan kegiatan 2 x pertemuan secara cara on line atau webinar. Metode yang digunakan dalam penyampaian materi yaitu ceramah dan diskusi serta latihan membuat merek. Sedangkan untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman materi yang diberikan dilakukan dengan cara memberikan pertanyaan pre-test dan post-test. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa dari jumlah peserta 32 orang yang hadir hari pertama 27 orang (84 %) dan hari kedua 25 orang (78 %). Dilihat dari profil peserta, yang telah menjalankan wirausaha < 1 tahun sebanyak 4 orang (15%), 1 – 3 Tahun 19 orang (70%) dan > 3 Tahun sebanyak 4 orang (15 %) dengan tingkat usia didominasi pada rentang 40 – 50 tahun sebanyak 65 %. Sedangkan dari hasil pre test dan post tes menunjukkan bahwa pemahaman tentang pentingnya merek naik dari 17% menjadi 72% dan kesulitan dalam membuat merek turun dari 89 % menjadi 30% % serta pengetahuan tentang manajemen merek naik dari 17% menjadi 72 %. Untuk pengetahuan tentang pendafataran merek naik dari 4 % menjadi 56 %. Pada prinsipnya peserta menyatakan puas mengikuti kegiatan ini yang dinyatakan dalam pernyataan pada post test sebesar 90 % dan mengharapkan ada program lanjutan berupa pelatihan desain merek serta pendampingan pengurusan merek usaha dan strategi pemasaran untuk mengembangkan usaha mereka agar semakin maju.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengabdian Masyarakat
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences /Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 608 Inventions and Patents/Inovasi, Penemuan dan Paten
Divisions: Fakultas Ekonomi
Depositing User: Trie anto Perpustakaan
Date Deposited: 24 Feb 2022 02:48
Last Modified: 07 Apr 2022 02:37
URI: http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/2373

Actions (login required)

View Item View Item