Aisyah, Dwiyanti (2021) MAKNA DAN PENGGUNAAN TORITATEJOSHI DAKE DAN SHIKA DALAM RAGAM TULIS (BLOG). Other thesis, Universitas Darma Persada.
Text
Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
Bab I.pdf Download (1MB) |
|
Text
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
Bab IV.pdf Download (253kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (268kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Download (906kB) |
Abstract
Dalam penelitian ini dilakukan analisis terhadap Makna dan Penggunaan Toritatejoshi Dake dan Shika dalam Ragam Tulis (Blog). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna dan penggunaan partikel penegas (toritatejoshi) dake dan shika. Data yang digunakan merupakan kalimat ragam bahasa tulis dari blog yang didapatkan dari korpus online Balanced Corpus of Contemporary Written Japanese (BCCWJ). Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif. Dari hasil analisis didapatkan kesimpulan bahwa dalam blog, penggunaan dake cukup banyak sedangkan penggunaan shika jumlahnya sangat minim. Kemudian dake dan shika membatasi suatu hal, waktu, jumlah dan hubungan sebab akibat. Keduanya juga dapat saling menggantikan dalam konteks kalimat tertentu yang menunjukkan pembatasan atas suatu hal. Perbedaannya adalah, dake dapat digunakan bersama predikat positif maupun negatif, dan dapat digunakan bersama shika yang menyatakan makna menegaskan suatu hal. Sedangkan shika hanya dapat digunakan bersama predikat negatif, dan menyatakan penyangkalan terhadap suatu hal.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Fukujoshi, Toritatejoshi, Dake, Shika, Arti dan Penggunaan, Blog bahasa Jepang |
Subjects: | 400 Language/Bahasa > 401.43 Semantics/Semantik |
Divisions: | Fakultas Bahasa Dan Budaya > Bahasa dan Kebudayaan Jepang |
Depositing User: | Julia Ningsih Perpustakaan |
Date Deposited: | 30 Mar 2022 03:39 |
Last Modified: | 30 Mar 2022 03:39 |
URI: | http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/2429 |
Actions (login required)
View Item |