PERANCANGAN GAME INTERAKTIF “BERSIHKAN KOTAKU” DENGAN METODE FORWARD CHAINING DAN PENDEKATAN GAMIFICATION BERBASIS ANDROID

Alpin, Alpin (2021) PERANCANGAN GAME INTERAKTIF “BERSIHKAN KOTAKU” DENGAN METODE FORWARD CHAINING DAN PENDEKATAN GAMIFICATION BERBASIS ANDROID. Other thesis, Universitas Darma Persada.

[img] Text
COVER-DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (579kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (932kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (562kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (680kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: http://repository.unsada.ac.id/cgi/oai2

Abstract

Kebersihan lingkungan mempunyai arti sebuah keadaan bebas dari kotoran, termasuk diantaranya,debu,sampah,dan bau.Kebersihan merupakan upaya menusia untuk memelihara diri dan lingkungannya dari segala yang kotor dan keji dalam rangka mewujudkan dan melestarikan kehidupan yang sehat dan nyaman. Berdasarkan peraturan Pemerintah pekerjaan umum nomor 21 tahun 2006 tentang kebijakan dan strategi nasional pengembangan sistem pengelolaan sampah memiliki visi yaitu pemukiman sehat yang bersih dari sampah.Untuk mencapai visi tersebut dimasa depan,maka misi-misi yang harus dilakukan adalah mengurangi timbunan sampah dalam rangka pengelolaan persampahan yang berkelanjutan,memberdayakan masyarakat dan menegakkan hukum dan melengkapi peraturan perundangan untuk meingkatkan sistem pengelolaan persampahan.Untuk itu pembuatan game bertema pendidikan yangberjudul “Bersihkan Kotaku” merupakan sebuah solusi yang sangat tepat untuk kembali mengkampanyekan kepada masyarakat terutama anak-anak yang mulai berkurang dalam menjaga kerbersihan lingkungan dari sampah.Pembuatan game “Bersihkan Kotaku” ini menggunakan Unity 3D dan bahasa pemrograman C#. Karakter dan background dibuat dengan menggunakan Adobe Photoshop 2020. Karakter dibuat semirip mungkin dengan dunia nyata yaitu tim orange agar lebih menarik. Step terakhir adalah building game pada perangkat dan dilakukan testing untuk menguji kelayakan game tersebut.Maka Bagaimana menyajikan edukasi tentang menjaga kebersihan dari sampah sejak dini dengan media game interaktif berbasis android dengan menggunakan metode Forward Chaining dan pendekatan Gamification untuk menghasilkan game yang menarik.Tujuan yang akan dicapai dari penelitian ini adalah menghasilkan aplikasi menarik berupa edukasi yang memiliki nilai moral dalam menjaga kebersihan kota dengan media game interaktif android,setiap pertanyaan yang di berikan dalam game akan memberikan pengetahuan tambahan dengan penyajian yang menarik tentang cara yang benar dalam menjaga kebersihan lingkungan.Penelitian ini menggunakan metode Forward Chaining dan pendekatan Gamification. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah Game Edukasi yang dibuat untuk membantu orang tua dalam meningkatkan minat anak terhadap menjaga kebersihan lingkungan dari sampah.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Animasi 2D, Multimedia,Android,Game Mobile.
Subjects: 000 Generalities/Karya Umum > 005.5 General Purpose Application Programs/Program Aplikasi dengan Kegunaan Khusus
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Depositing User: Trie anto Perpustakaan
Date Deposited: 10 May 2022 02:48
Last Modified: 10 May 2022 02:48
URI: http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/2571

Actions (login required)

View Item View Item