Ratih Widiah, Ningtyas Seputri (2014) ANALISIS TOKOH SUMAKO MELALUI TEORI MOTIVASI BELAJAR DALAM CERITA ANAK KODOMO HOJORIN SEISAKUSHO KARYA YASUI SUMAKO. Other thesis, Universitas Darma Persada.
Text
BAB-01.pdf Download (5MB) |
|
Text
BAB-02.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text
BAB-03.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
BAB-04.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Dalam Skripsi ini penulis menganalisis motivasi belajar yang dimiliki tokoh Sumako dalam kisah nyata yang berjudul Kodomo Hojorin Seisakusho. Sumako adalah anak usia 9 tahun, ia suka bermain sepeda dengan menggunakan roda bantu sepeda yang ia sebut dengan korokoro. Teman-teman Sumako sering mengejeknya karena sampai sekarang pun Sumako masih menggunakan korokoro kesayangannya, mungkin karena ayahnya yang membuat korokoro itu. Selain itu, sikap Sumako yang melakukan ha! apapun selalu lambat, tidak begitu disiplin, kurang berusaha, ditambah lagi selalu mengandalkan sesuatu. Oleh karena itu, ayah melatih Sumako untuk perlahan-lahan tidak menggunakan korokoro. Pertama kali latihan benar-benar sulit tapi, lama-kelamaan di dalam hati Sumako muncul motivasi untuk latihan. Sumako percaya bahwa kalau semangat melakukan apapun pasti bisa. Penulis menggunakan pendekatan intrinsik dan pendekatan ekstrinsik dalam menganalisis cerita ini. Pendekatan intrinsik melalui teori sastra, yaitu tema, tokoh dan penokohan, latar, dan alur. Pendekatan ekstrinsik melalui teori psikologi dengan menggunakan teori motivasi belajar Thomas L. Good & Jere E. Brophy
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | tokoh Sumako, motivasi belajar |
Subjects: | 800 Literature/Kesusastraan > 808.83 Analysis of Novel |
Divisions: | Fakultas Bahasa Dan Budaya > Bahasa dan Kebudayaan Jepang |
Depositing User: | Setyo Renny Perpustakaan |
Date Deposited: | 15 Jul 2022 07:53 |
Last Modified: | 05 Jan 2024 03:06 |
URI: | http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/3479 |
Actions (login required)
View Item |