ANALISIS PERBANDINGAN PENGGUNAAN ADJEKTIVA ~KII DAN CHIISAI DENGAN OKINA DAN CHIISANA SEBAGAI KEIYOSHI YANG MEMODIFIKASI NOMINA DALAM NOVEL DAIS~GEN NO CHIISANA MACHI BERDASARKAN TEORI ASADA TOBITA, MORITA, DAN SASAKI

Anita, Romadhona (2013) ANALISIS PERBANDINGAN PENGGUNAAN ADJEKTIVA ~KII DAN CHIISAI DENGAN OKINA DAN CHIISANA SEBAGAI KEIYOSHI YANG MEMODIFIKASI NOMINA DALAM NOVEL DAIS~GEN NO CHIISANA MACHI BERDASARKAN TEORI ASADA TOBITA, MORITA, DAN SASAKI. Other thesis, Unsada.

[img] Text
BAB-01.pdf

Download (7MB)
[img] Text
BAB-02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB-03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
BAB-04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://repository.unsada.ac.id/cgi/oai2

Abstract

Skripsi ini membahas tentang adjektiva dalam bahasa Jepang. Umumnya, kata-kata yang termasuk dalam keiy~shi akan berakhiran i jika menempel pada nomina, sedangkan keiy~d~shi akan berakhiran -na jika menempel pada nomina. Tetapi, pada kenyataannya ditemukan kata ~kii dan chiisai yang secara gramatikal merupakan golongan keiy~shi namun menjadi ~kina dan chiisana ketika bertemu dengan nomina dalam suatu kalimat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, dengan menganalisis data berupa kalimat dari novel yang berjudul Daisogen no Chiisana Machi karya Laura Inggals Wilder. Hasil analisis kalimat tersebut tidak adanya perbedaan arti secara harfiah antara ~kii dengan ~kina maupun chiisai dengan chiisana dan perbandingan persentase antara ~kina dengan ~kii adalah 96% berbanding 4%, dan chiisana dengan chiisai adalah 86% berbanding 14%.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: keiy~shi, ~kii, ~kina, chiisai, chiisana
Subjects: 400 Language/Bahasa > 495.6 Japanese/Bahasa Jepang*
Divisions: Fakultas Bahasa Dan Budaya > Bahasa dan Kebudayaan Jepang
Depositing User: Suwatno Suwatno Perpustakaan
Date Deposited: 25 Aug 2022 03:39
Last Modified: 03 Jan 2024 06:29
URI: http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/3794

Actions (login required)

View Item View Item