Rizky, Monia (2005) MATSURI DALAM PERUSAHAAN HITACHI DI JEPANG. Other thesis, UNSADA.
Text
BAB-01.pdf Download (4MB) |
|
Text
BAB-02.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB-03.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
BAB-04.pdf Restricted to Registered users only Download (696kB) |
Abstract
Keberadaan le disakralkan melalui serangkaian upacara (matsun), karena keberadaan le merupakan kepanjangan dari kehidupan abadi leluhur (sosen) dari le. Matsuni dapat menjadi penghubung antara leluhur (sosen) di dunia gaib dan le. Matsuri menjadikan perusahaan seperti le, yaitu satuan keluarga Jepang yang memiliki fungsi ekonomi dan fungsi sosial yang sakral. Perusahaan Hitachi yang berpedoman pada le yang kebenaran dan kesakralannya diyakini berasal dari leluhur menekankan pentingnya kesesuaian dalam hubungan-hubungan berdasarkan kewajiban timbal balik di antara manusia dengan manusia, dan manusia dengan yang gaib, kekuatan gaib dengan dunia gaib beserta alam sekitar. Hitachi mnenjadikan perusahaan sebagai le fiktif yang tetap menjadikan dewa, antara lain roh leluhur pendiri sebagai pelindung dalam menjalankan perusahaan merupakan salah satu dari ekspresi keyakinan keagamaan yang terdapat pada perusahaan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen jepang |
Subjects: | 600 Technology and Applied Sciences /Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 658.0952 Japanese Management/Mangemen Jepang |
Divisions: | Fakultas Bahasa Dan Budaya > Bahasa dan Kebudayaan Jepang |
Depositing User: | Suwatno Suwatno Perpustakaan |
Date Deposited: | 22 Dec 2022 01:39 |
Last Modified: | 09 Jan 2024 06:25 |
URI: | http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/5221 |
Actions (login required)
View Item |