ANALISA PENGHEMATAN ENERGI PADA KAPAL PENUMPANG BARANG (CARGO – PASSENGER) 850 DWT DENGAN MENGGUNAKAN METODE PERUBAHAN RATING PADA GENERATOR

Aldyn Clinton Partahi, Oloan and Mohammad Danil, Arifin and Ayom, Buwono (2022) ANALISA PENGHEMATAN ENERGI PADA KAPAL PENUMPANG BARANG (CARGO – PASSENGER) 850 DWT DENGAN MENGGUNAKAN METODE PERUBAHAN RATING PADA GENERATOR. Jurnal Sains & Teknologi Fakultas Teknik, XII (2). pp. 63-71. ISSN 2962-5300

[img] Text
Analisa Penghematan Energi Pada Kapal Penumpang - Barang (Cargo - Passenger) 850 DWT Dengan Menggunakan Metode Perubahan Rating Pada Generator.pdf

Download (541kB)
Official URL: http://repository.unsada.ac.id/cgi/oai2

Abstract

Kapal adalah Kendaraan pengangkut Penumpang di laut pada semua daerah yang mempunyai perairan tertentu. Saat ini kebutuhan bahan bakar untuk operasional kapal sangat tinggi sekitar 45% - 67% dari total biaya operasional perusahaan. Hal ini menyebabkan biaya kebutuhan untuk konsumsi bahan bakar menjadi tinggi.Saat ini sudah banyak perusahaan pelayaran, dan pelabuhan yang membuat metode untuk melakukan penghematan energi, tapi belum ada metode yang jelas untuk menganalisa potensi penghematan energi di Kapal.Oleh Sebab itu saat ini Perusahaan Pelayaran mendesak agar dibuatkan Metode yang tepat untuk melakukan Potensi Penghematan Energi di Kapal. Pada Penelitian kali ini akan membahas mengenai Potensi penghematan energi pada kapal Khususnya Kapal Cargo Passenger 850 DWT dengan menggunakan metode perubahan rating pada generator. Dari segi kelistrikan kapal ini menghasilkan daya yang cukup besar sehingga mengakibatkan tingginya biaya yang harus dikeluarkan untuk konsumsi bahan bakar, oleh sebab itu kebutuhan kelistrikan pada Kapal – Kapal diatas akan di klasifikasikan menjadi 4 Keadaan : Keadaan Kapal Saat Berlayar, Keadaan Kapal Saat Keluar Masuk Pelabuhan,Keadaan Kapal saat Bongkar Muat, dan Keadaan Kapal saat sedang Berlabuh.Setelah dilakukan Analisa Potensi Penghematan Energi pada Kapal dapat diketahui Efisiensi Energi saat Kapal sedang berlayar adalah 14,64%, Saat sedang Keluar Masuk Pelabuhan 23,53%, Saat Sedang Bongkar Muat 22,14%, dan Saat Sedang Berlabuh adalah 22,28%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kapal, Efisiensi Energi, Rating Generator.
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences /Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 623.82 Nautical Craft/Kapal laut
Divisions: Fakultas Teknologi Kelautan > Teknik Sistem Perkapalan
Depositing User: Sendi Pelita FT
Date Deposited: 03 Feb 2023 02:32
Last Modified: 28 Feb 2023 07:27
URI: http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/5573

Actions (login required)

View Item View Item