Eka Yuni, Astuty and Salman, Al Farisyi (2022) RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENGAWASAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN CRITICAL PATH METHOD PADA MAK UNGGULAN INFORMATIKA JAKARTA. Jurnal Sainstech, XII (2). pp. 89-103. ISSN 2355-5009
Text
12-Eka Yuni Astuty-Jurnal Teknik-Rancang Bangun Sistem Informasi Pengawasan Pembelajaran.pdf Download (2MB) |
Abstract
Model pembelajaran berbasis project-based learning (PBL) menekankan kepada pembelajaran yang memberdayakan siswa di dalam pembelajaran yang berpusat pada siswa, pembelajaran kolaboratif, dan penilaian pembelajaran berdasarkan pekerjaan proyek siswa sehingga hal ini membantu meningkatkan perhatian siswa terhadap proses pembelajaran. Permasalahan yang dihadapi pada model pembelajaran PBL ini adalah pada tahapan pengawasan pembelajaran masih menggunakan Microsoft Excel sehingga proses pendataan kemajuan proyek belum terintegrasi dan belum adanya basis data untuk menyimpan data proyek penting dan proses pelaporan proyek. Penelitian ini bertujuan untuk menyediakan sistem informasi untuk memantau proses model pembelajaran PBL yang memungkinkan melakukan perekaman proses pemantauan dan pelaporan kemajuan proyek dalam satu sistem sehingga membuat proyek menjadi transparan bagi semua pengguna yang terlibat. Critical Path Method (CPM) diterapkan untuk memaksimalkan proses perencanaan, pemantauan, dan pemecahan tugas proyek. CPM pada dasarnya adalah metode yang sensitif terhadap waktu, artinya CPM diakhiri dengan waktu. Berdasarkan penelitian ini dibuat suatu sistem informasi pengawasan pembelajaran PBL untuk memudahkan pelaksanaan dan pelaksanaan proses pembelajaran sesuai dengan metode CPM dan memantau semua proses di sistem tersebut dengan waktu sebenarnya pada MAK unggulan Informatika Jakarta.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | sistem; informasi; pengawasan; pembelajaran; CPM; |
Subjects: | 000 Generalities/Karya Umum > 005.4 System Programming/Sistem Pemrograman |
Divisions: | Fakultas Teknik > Sistem Informasi |
Depositing User: | Sendi Pelita FT |
Date Deposited: | 03 Feb 2023 02:54 |
Last Modified: | 14 May 2024 07:46 |
URI: | http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/5581 |
Actions (login required)
View Item |