PENDIDIKAN PEREMPUAN DI CINA 1905-1920

Sinta Puspita, N (2007) PENDIDIKAN PEREMPUAN DI CINA 1905-1920. Other thesis, Unsada.

[img] Text
BAB-01.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB-02.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB-03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB-04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (656kB)
Official URL: http://repository.unsada.ac.id/cgi/oai2

Abstract

Pendidikan merupakan upaya yang dilakukan dengan sadar untuk mendatangkan perubahan sikap dan perilaku seseorang melalui pengajaran dan latihan. Dalam masyarakat sederhana, pada awalnya pendidikan dimaksudkan untuk mengajarkan budaya, yaitu mengajar anak untuk mengetahui dan mengamalkan nilai-nilai dan tata cara yang berlaku dalam masyarakat. Pendidikan memegang peran penting dalam menentukan arah perkembangan generasi muda. Karena itu pendidikan ini penting bagi suatu bangsa. Pendidikan dapat diperoleh dari pendidikan formal yaitu pendidikan di sekolah-sekolah, dan juga pendidikan yang diperoleh dari pengalaman hidup (dari rumah dan dari lingkungannya) (Ensiklopedia nasional Indonesia, 1990 : 365) Zaman tradisional keluarga dalam masyarakat Cina menganut sistem patrilineal dan patrilokal. Patrilineal adalah sistem kekerabatan berdasarkan garis keturunan laki-laki, sedangkan patrilokal adalah sistem bermukim pascanikah, yaitu seorang perempuan tinggal di tempat keluarga laki-laki/suami. Karena masyarakat Cina menganggap anak laki­ laki sebagai penerus keturunan yang akan meneruskan pemujaan terhadap leluhur, maka anak laki-laki menjadi sangat penting dalam suatu keluarga dan mendapat perhatian dari keluarganya. Oleh karena itu, kesempatan untuk memperoleh pendidikan, bagi anak perempuan boleh dikatakan tidak ada.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan
Subjects: 300 Social Science/Ilmu Sosial > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Bahasa Dan Budaya > Bahasa Mandarin dan Kebudayaan Tiongkok
Depositing User: Julia Ningsih Perpustakaan
Date Deposited: 17 Apr 2023 04:22
Last Modified: 20 Jan 2024 03:07
URI: http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/5955

Actions (login required)

View Item View Item