TINJAUAN PENGGUNAAN BUOYANCY TANK PADA PROSES SHOREPULL INSTALASI PIPA LEPAS PANTAI DENGAN LAY-BARGE C8

Heny, Sutriyarso (2009) TINJAUAN PENGGUNAAN BUOYANCY TANK PADA PROSES SHOREPULL INSTALASI PIPA LEPAS PANTAI DENGAN LAY-BARGE C8. Other thesis, UNSADA.

[img] Text
BAB-01.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB-02.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB-03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB-04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB-05.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://repository.unsada.ac.id/cgi/oai2

Abstract

Salah satu tahap (start-up) dimulainya pemasangan jalur pipa di daerah pantai yang menuju ke darat adalah shorepull. Dengan lay barge pada posisi + 2km dari garis pantai, di atas geladaknya terdapat firing line sebagai lintasan pipa dengan diameter luar 52 Inchi (1320.8mm), 3mm lapisan anti karat dan concrete pemberat setebal 6 Inchi, yang menjulur melalui tensioner. Pulling head pada ujung pipa mengalami tegangan tarik dari horizontal pulling winch di darat dan juga tegangan pipa pada daerah sag bend dan over bend yang perlu diperhatikan untuk menghindari terjadinya buckle pada pipa. Lay barge yang digunakan adalah Castoro 8 (sarat air 8.5 m dan trim 0.2") pada stern-nya dilengkapi dengan stinger sepanjang 52m sebagai salah satu pengatur kurva bentangan pipa untuk mengurangi over bend pada saat proses shorepull ini. Dalam penulisan ini dilakukan pengkajian terhadap pemasangan buoyancy tank di sepanjang jalur pipa pada saat proses shorepull, dengan tujuan untuk mengurangi gaya berat dari pipa yang berada di dalam air dan pipa dapat ditarik dengan kemampuan tarik dari horizontal pulling winch yang ada sampai pulling head berhenti pada target yang ditentukan di darat. Pemodelan, simulasi dan analisa pembebanan pipa dilakukan dengan bantuan aplikasi perangkat lunak official home spreadsheet (program excel). Dengan pemasangan 5.5 Ton buoyancy tank pada setiap satu sambungan sepanjang jalur pipa yang ditarik dari darat, diharapkan terjadi kondisi pembebanan yang ideal. Pulling head sebagai ujung awal pemasangan jalur pipa dapat mencapai target yang ditentukan, tepat sesuai koordinat yang direncanakan dan pekerjaan berlangsung aman sesuai dengan standard keselamatan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: instalasi, shorepull, over bend, buoyancy tank, standard keselamatan
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences /Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 623.8 Nautical Engineering and Seamanship/Teknik Perkapalan, Teknik Nautika dan Ilmu Angkatan laut
Divisions: Fakultas Teknologi Kelautan > Teknik Perkapalan
Depositing User: Suwatno Suwatno Perpustakaan
Date Deposited: 22 May 2023 02:30
Last Modified: 22 May 2023 02:30
URI: http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/6080

Actions (login required)

View Item View Item