PERANCANGAN KAPAL PENYEBERANGAN DENGAN LAMBUNG PENTAMARAN RUTE JAKARTA-BALIKPAPAN

Michael Arnold, Wonata (2023) PERANCANGAN KAPAL PENYEBERANGAN DENGAN LAMBUNG PENTAMARAN RUTE JAKARTA-BALIKPAPAN. Other thesis, UNSADA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (636kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (921kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (511kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (490kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (577kB)
[img] Text
HASIL TURNITIN.pdf

Download (510kB)
Official URL: http://repository.unsada.ac.id/cgi/oai2

Abstract

Perpindahan Ibukota Negara ke Provinsi Kalimantan Timur akan menimbulkan banyaknya perpindahan penduduk dari Jakarta. Maka untuk mendukung hal tersebut dibutuhkan moda transportasi untuk mengangkut barang, penumpang, hingga kendaraan. Salah satu bentuk upaya yang dapat dilakukan adalah dengan pembuatan Kapal Penyeberangan dengan lambung Pentamaran, yaitu kapal yang bertujuan untuk membawa penumpang dan kendaraan dengan rute JakartaBalikpapan yanng berkecepatan tinggi sehingga waktu yang diperlukan dapat cepat sampai tujuan di bandingkan dengan kapal pada umumnya. Pada penelitian ini berat dari KMP JAMBO IX sebagai acuan untuk membandingkan dengan kapal pentamaran. Dimana dalam peneliatian ini didapati hasil terbaik untuk Kapal Penyeberangan Pentamaran Tipe A, Dengan hasil analisa sebagai berikut : panjang maksimal 98,488 m dengan lebar maksimal 38,580 m, dan nilai displasemen 1826 ton dalam perhitungan hambatan dengan metode Holtrop dengan kecepatan 30 Knots = 925,900 kN. Analisa Stabilitas memenuhi kriteria didalam IMO Intact Stability criteria A.749(18) and Ch.8C/ . Kapal bisa berlayar di rute Jakarta-Balikpapan dengan kondisi gelombang 3 m. lalu perhitungan Deck Wetness dengan kecepatan 30 Knots dengan gelombang 3 m air yang masuk pada dek sebesar 3%, dimana minimal 0,05%

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kapal Penyeberangan (Ferry), Monohull, Multihull, Pentamaran,
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences /Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 623.8 Nautical Engineering and Seamanship/Teknik Perkapalan, Teknik Nautika dan Ilmu Angkatan laut
Divisions: Fakultas Teknologi Kelautan > Teknik Perkapalan
Depositing User: Suwatno Suwatno Perpustakaan
Date Deposited: 17 May 2023 04:30
Last Modified: 17 May 2023 04:30
URI: http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/6162

Actions (login required)

View Item View Item