ANALISA PUTUSNYA INTERMIDIA TE SHAFT MT. SINDANG / P.3010

Jan Arie P., Lolong (2001) ANALISA PUTUSNYA INTERMIDIA TE SHAFT MT. SINDANG / P.3010. Other thesis, UNSADA.

[img] Text
BAB-01.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB-02.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB-03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (991kB)
[img] Text
BAB-04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB-05.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://repository.unsada.ac.id/cgi/oai2

Abstract

Intermediate shaft adalah merupakan suatu komponen mesin pada mesin propulasi kapal sebagai penerus tenaga dari Mesin Induk ke baling-baling Dia ditempatkan antara bantalan pendorong dan poros baling-baling. Beberapa waktu yang lalu tepatnya pada pada tanggal 22 Desember 2000 di pelabuhan Balongan telah terjadi kerusakan Intermediate Shaft pada salah satu kapal milik Pertamina bernama MT. Sindang/P.3010. Kerusakan adalah Intermediate Shaft patah pada posisi 5 cm di dekat kopling lens dengan tail shaft. Peristiwa ini terjadi pada waktu kapal sedang berolah gerak untuk lepas sandar setelah selesai muat. Karena kerusakan ini, kapal tidak dapat dioperasikan sampai diadakan penggantian Intermediate Shaft selama kurang lebih empat bulan. Untuk menghindari kejadian yang sama di kemudian hari terutama pada kapal-kapal setipe lainnya, maka perlu diteliti dan dianalisa penyebab kerusakan tersebut. Dalam menganalisa penyebab kerusakan selain menggunakan tinjauan kepustakaan dan tinjauan fungsi serta pola pengoperasian, juga diadakan penelitian di laboratorium Bahan dasar yang digunakan untuk penelitian ini adalah potongan patahan yang diambil dari bagian yang mengalami perpatahan. Langkah pertama yang dilakukan dalam penelitian adalah melihat permukaan patahan kemudian menentukan komposisi kimia, sifat-sifat bahan dan terakhir meneliti penyebab serta jenis patahan. Dari analisa hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa bahan dasar Intermediate Shaft adalah baja dengan karbon rendah. Perpatahan terjadi disebabkan oleh karena baha menerima beban dinamis yang berulang-ulang Jenis patah adalah patah fatik

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Teknik perkapalan
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences /Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 623.8 Nautical Engineering and Seamanship/Teknik Perkapalan, Teknik Nautika dan Ilmu Angkatan laut
Divisions: Fakultas Teknologi Kelautan > Teknik Sistem Perkapalan
Depositing User: Suwatno Suwatno Perpustakaan
Date Deposited: 16 May 2023 02:59
Last Modified: 16 May 2023 02:59
URI: http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/6167

Actions (login required)

View Item View Item