PENGARUH PERUBAHAN KARBURATOR STANDAR MENJADI KARBURATOR KIT RACING TERHADAP PERFORMA SEPEDA MOTOR JUPITER MX 135 CC

Oberlius, Ndruru (2022) PENGARUH PERUBAHAN KARBURATOR STANDAR MENJADI KARBURATOR KIT RACING TERHADAP PERFORMA SEPEDA MOTOR JUPITER MX 135 CC. Other thesis, Unsada.

[img] Text
Cover.pdf

Download (417kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (126kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (643kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (43kB)
[img] Text
Daftar pustaka.pdf

Download (27kB)
[img] Text
CamScanner 05-22-2023 19.20 - Oberlius ndruru.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB)
Official URL: http://repository.unsada.ac.id/cgi/oai2

Abstract

Pengaruh penggunaan karburator racing terhadap kinerja motor Jupiter MX 135 cc. Pada 4 langkah dan 2 langkah peran karburator sangat lah penting untuk pencampuran bahan bakar dan udara, oleh sebab itu diperlukan pengaturan yang tepat agar mendapatkan kinerja mesin yang maksimal dan konsumsi bahan bakar yang minimal. Untuk meningkatkan kinerja mesin salah satunya dilakukan dengan cara penggatian karburator standar dengan karburator kit racing. Maka dalam hal ini perlu dilakukan penelitian tentang karburator racing dan karburator standar agar dapat mengetahui kinerja yang dihasilkan. Dari penelitian ini diambil data torsi, daya dan konsumsi bahan bakar, antara kondisi karburator standar dan karburator racing. Pengambilan data torsi dan daya serta konsumsi bahan bakar menggunakan metode throttle spontan mulai dari 5000, 6000,6890,7260,8230 sampai dengan 10,490 Rpm dengan menggunakan gigi rasio 3. Pertama tama mesin dihidupkan kemudian throttle ditahan pada 5000 Rpm setelah stabil pada 5000 Rpm baru throttle dinaikan secara spontan sampai maksimal, hasil pengujian dari metode ini adalah daya, torsi dan konsumsi bahan bakar yang dikeluarkan dari dynotest. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pada kondisi karburator racing torsi dan daya lebih tinggi dibandingkan kondisi karburator standar. Pada kondisi karburator standara konsumsi bahan bakar lebih rendah dari pada kondisi karburator racing, hal ini dipengaruhi karena pada karburator kit racing memiliki lubang venture yang lebih besar yaitu 28 mm seiring dengan meningkatnya putaran mesin, akan membutuhkan konsumsi bahan bakar yang lebih banyak dibandingkan dengan karburator standar yang hanya memiliki lubang venture kecil yaitu 24 mm.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: variasi, karburator, Daya Torsi, Konsumsi Bahan Bakar
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences /Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 621.8 Machine Engineering, Machinery/Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Julia Ningsih Perpustakaan
Date Deposited: 23 May 2023 04:12
Last Modified: 23 May 2023 04:12
URI: http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/6254

Actions (login required)

View Item View Item