Firre An, Suprapto (2019) RE-ORIENTASI PEMANFAAT RANGKA MENDUKUNG RENCANA KERJA PEMERINTAHTAHUN 2020 (Upaya Peningkatan Sumber Daya Manusia Untuk Pertumbuhan Berkualitas di Kabupaten Bejonegoro). Jurnal Kajian Politik Islam, 2 (2). (In Press)
Text
RE-ORIENTASI PEMANFAAT.pdf Download (1MB) |
Abstract
Mencermati kewenangan yang diberikan dan dimiliki desa untuk mengurus dan mengatur warga masyarakatnya sendiri secara mandiri maka menjadi keharusan bahwa desa melalui pemrintah desa memerlukanan anggaran dalam pelaksanaan kewenangan di desa, tulisan ini bertujuan untuk mencoba melihat dan membahas mengenai beberapa langkah dan upaya yang dapat dilakukan oleh pemerintah Bojonegoro untuk memaksimalkan dana desa dibeberapa desa yang disebutkan dalam jurnal ini dan menjadi contoh kasus di kabupaten Bojonegoro. Metode Penelitian yang digunakan ialah berjenis kualitatif dengan menggunakan sumber data melalui kajian pustaka dan studi dokumentasi. Dari penelitian yang dilakukan ini di ketahui bahwa Alokasi dana desa (ADD) yang bersumber dari dana perimbangan keuangan pemerintah pusat dan daerah keberadaanya belum dapat dikelola dengan maksimal, sehingga belum menjadi instrument utama yang hadir dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat dibeberapa desa di kabupaten Bojonegoro. Pada sisi lainnya terkait keberadaan ADD maka pemerintahan Bojonegoro perlu meningkatkan pengetahuan SDM pemerintahan desa dalam mengelola dan menggunakan keuangan ADD sebagaimana yang diharapkan dari peraturan perundang-undangan yang berlaku dengan mengikutkannya dalam kegiatan pelatikan atau workshop.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | re-orientasi, dana desa, sumber daya manusia, bojonegoro. |
Subjects: | 300 Social Science/Ilmu Sosial > 352.14 Local Administration, Provinces/Administrasi Lokal, Provinsi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Setyo Renny Perpustakaan |
Date Deposited: | 09 Aug 2023 07:08 |
Last Modified: | 09 Aug 2023 07:08 |
URI: | http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/6634 |
Actions (login required)
View Item |