ANALISIS DESAIN EKSPERIMEN TERHADAP VARIASI BERAT TREAD TIPE T32TT-726A-6-A UNTUK PENINGKATAN KUALITAS DENGAN METODE TAGUCIII DI PT X"

IRIL, DIMIYATI (2003) ANALISIS DESAIN EKSPERIMEN TERHADAP VARIASI BERAT TREAD TIPE T32TT-726A-6-A UNTUK PENINGKATAN KUALITAS DENGAN METODE TAGUCIII DI PT X". Other thesis, UNSADA.

[img] Text
BAB 01.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB 02.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (802kB)
[img] Text
BAB 04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB 05.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 06.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://repository.unsada.ac.id/cgi/oai2

Abstract

PT X merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam memprodukst ban yang dalam proses produksmnya, ban memhki konstrukst yang tap bagan penyusunannya memiliki karakteristik berdasarkan proses pembuatannya. Karakteristik-karakteristik tersebut dikendahikan kuahtasmya sesuai dengan spesifikasi. Berkaitan dengan kualitas karaktertstik diatas, masalah utama yang dihadapt perusahaan berkaitan dengan kualitas adalah besarmya variasi berat tread T32TT-7264-6-4 sehingga mempengaruhi optimalisasi spesifikast tread 132TT-7264-6-A yang diprodukst. Proses kontrol kualitas yang selama ini digunakan tidak efektif karena bila terjadi pross yang diluar kendali, belum ada prosedur standar yang membuat proses ke dalam kontrol kendali Dalam penelitian int, dilakukan perhitungan batas kendahi Xbar-R untuk mehhat keabnormalan proses yang terjadi, dilanjutkan dengan mengdentifikastikan penyebab dengan menggunakan diagram sebab akibat, dan prioritas faktor penyebab terjadinya variasi pada berat tread 132TT-7264-6-A dengan menggunakan pair comparison matrix, dari prioritas faktor tersebut ditentukan parameter-parameter eksperimen sehingga dapat ditelusuri dengan desain eksperimen menggunakan Metode Taguchi Perhitungan batas kendali Xbar-R menghasilkan nila X sebesar 84625 dan nilat R sebesar 106, dengan nilat UCL; sebesar 8539,77, 1CL; sebesar 8385,23, serta milat UCLA sebesar 241,89, dan LCL sebesar 0,0. dart analisa yang dilakukan dengan bantuan software minitab 13.20, terhihat bahwa proses pembuatan tread tidak terkendalt dengan adanya variast yang cukup besar dimana terdapat data yang berada diluar batas kendali dan adanya run. Pencarian penyebab terjadinya variasi berat tread tipe 132TT7264-6-A dengan menggunakan diagram sebab akibat menghasilkan 5 penyebab yaitu mamusia, mesin, bahan baku, metode kerja, dan lingkungan. Dari kelima penyebab diatas, dengan menggunakan pair comparison matrix, didapatkan prioritas penyebab masalah yaitu, Kecepatan SOP, Screw, Konveyor, dan Dimensi. Selanjutmya dilakukan desain eksperimen untuk mengetahut setting yang tepat dari masing­ masing faktor kontrol dart prioritas faktor. Dari faktor tersebut diperoleh faktor kontrol yaitu screw, konveyor dan dimenst. Dimana elemen yang diukur adalah kecepatan screw (untuk faktor screw), Kecepatan pull out konveyor (untuk faktor konveyor), erta lebar feed dan waktu hot mill untuk (faktor dimensi) kemudan faktor kontrol tersebut dibagi menjadi 2 level Hasil dari perhitungan dengan menggunakan metode taguchi adalah didapatkan kombinasi setting yaitu untuk faktor kecepatan screw dpilh tevet [ dengan nila -78,5133, faktor kecepatan pull out KKonveyor dpihih level 2 dengan mlat -78,5248, faktor lebar feed strip dpilih level 2 dengan mlar 78,5382, dan untuk faktor waktu proses hotmill dipilih level I dengan milai 78,5403 sehingga dapat mendekatkan respon ( berat tread ) sebesar 8380,79 mendekatt spesifikast sebesar 8405

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Manajemen quality control
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences /Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 658.4013 Control and Quality Management/Manajemen Kontrol dan Kualitas
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Suwatno Suwatno Perpustakaan
Date Deposited: 28 Aug 2023 04:53
Last Modified: 28 Aug 2023 04:53
URI: http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/6653

Actions (login required)

View Item View Item