ANALISA PENERAPAN LEAN MANUFACTURING DI PT. YAMAHA INDONESIA MOTOR MANUFACTURING

Muhammad, Malik (2010) ANALISA PENERAPAN LEAN MANUFACTURING DI PT. YAMAHA INDONESIA MOTOR MANUFACTURING. Other thesis, UNSADA.

[img] Text
BAB 01.pdf

Download (9MB)
[img] Text
BAB 02.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB 03.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 04.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[img] Text
BAB 05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB 06.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://repository.unsada.ac.id/cgi/oai2

Abstract

pT Yamaha Indonesia Motor Mfg (PT.YIMM) adalah perusahaan yang bergerak di bidang industri otomotif terbesar yang memproduksi sepeda motor dan komponen-komponen sepeda motor yamaha.dalam pelaksanaan produksinya PT YIMM menerapkan lean manufacturing dengan tujuan menurunkan waste pada jumlah tenaga kerja dan menyeimbangkan beban kerja karena itu pula diperlukan analisis seberapa besar keberhasilan pelaksanaan lean manufacturing di PT tersebut. Penentuan tingkat keberhasilan pelaksanaan lean manufacturing dilakukan dengan methods standard and work design dan RPW (Ranked Positional Weight) kedua metode tersebut digunakan untuk menentukan waktu standard dan juga keseimbangan lintasan. Dari methods standard and work design dihasilkan waktu standard rata-rata untuk setiap lini adalah 612 detik dengan jumlah tenaga kerja langsung yang dibutuhkan untuk lini produksi department machining steel sejumlah 180 orang sedangkan pada sistem berjalan waktu standard 448 detik dengan jumlah tenaga kerja 231 orang sehingga terdapat penurunan jumlah tenaga kerja sebanyak 50 orang. Alokasi tenaga kerja untuk tipe motor yamaha Jupiter Z, Jupiter MX, dan Scorpion dalam proses pembuatan part crank di line machining di operasikan 4 orang tenaga kerja langsung yaitu line 3,4, 6, 8, 10, dan 12 dan untuk tipe-tipe motor yamaha yang lain dioperasikan 3 orang tenaga kerja langsung yaitu line 1, 2, 5, 7, 9, 11, 13, 14, 15, 16, 17, dan 18 dengan asumsi tidak terjadi perubahan laju produksi. Metode RP/ didapatkan keseimbangan lintasan untuk produk part crank sudah seimbang dengan efisiensi keseimbangan meningkat 10% dari 65,6%. Idle time pada keseimbangan lini cukup rendah 161 detik dari 278 detik. Nilai balance delay terjadi penurunan yang pada awalnya 30,68% menjadi 18, 9 %. Demikian juga pad a smootness index dengan RPW terjadi penurunan sebesar 50 dari 110,44. Sehingga dengan keseimbangan lintasan tersebut kapasitas produksi rata-rata di dapat sebesar 1437 unit/hari, hal ini melebihi target perusahaan yang ditetapkan sebesar 1400 unit/hari.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Manajemen produksi
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences /Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 658.5 Management of Production/Manajemen Produksi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Suwatno Suwatno Perpustakaan
Date Deposited: 31 Aug 2023 02:31
Last Modified: 31 Aug 2023 02:31
URI: http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/6678

Actions (login required)

View Item View Item