Ari, Artadi and Dila, Rismayanti and Chonan, Kazuhide (2017) FUNGSI DAN PENGGUNAAN KALIMAT HUBUNGAN SYARAT YANG MENGGUNAKAN PARTIKEL SAMBUNG “TO” BERDASARKAN MODALITAS. Prosiding Seminar Hasil Penelitian Semester Ganjil 2016/2017, V (1). pp. 86-100. ISSN 2337-7976
|
Text
FUNGSI DAN PENGGUNAAN KALIMAT.....pdf Download (800kB) | Preview |
Abstract
Bentuk Kalimat Hubungan Syarat / Kalimat Kondisional ( Conditional Sentences) Bahasa Jepang diwakili oleh penggunaan partikel sambung, seperti “to”, “tara”, “reba”, dan “nara”. Dari Kalimat Kondisonal yang dibentuk empat partikel sambung ini, Kalimat Kondisonal yang dibentuk partikel sambung "to" memiliki perbendaan yang mendasar dengan yang lain. Ketika sebagian besar Kalimat Kondisional kegunaan utama adalah membentuk kalimat yang menunjukan hipotetis / asumsi / dugaan ( kateijoukenbun ), Kalimat Kondisional yang dibentuk partikel “to” penggunaan utama adalah Kalimat yang menunjukan kondisi faktual yang berulang atau pengetahuan umum (Kalimat Faktual Berulang kojoujoukenbun ), dan kejadian lampau yang berunutan ( Kalimat Lampau Berunutan jijitsujoukenbun ). Dengan kata lain Kalimat Kondisional yang dibentuk oleh “to” adalah kejadian yang merupakan hasil pengamatan objektif dari pembicara. Hal ini dikuatkan melalui sudut pandangan Modalitas, dimana modalitas klausa utamanya adalah berupa modalitas narasi. Tetapi, penelitian ini menemukan bahwa Kalimat Hipotetis / Asumsi / Dugaan juga dapat muncul, dan kemungkinan dapat mengunakan modalitas kehendak/keinginan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kalimat Hubungan Syarat / Kalimat Kondisional, Kalimat Hipotesis, Kalimat Faktual Berulang, Kalimat Lampau Berunutan, Modalitas |
Subjects: | 400 Language/Bahasa > 495.6 Japanese/Bahasa Jepang |
Divisions: | Fakultas Bahasa Dan Budaya > Bahasa dan Kebudayaan Jepang |
Depositing User: | Setyo Renny Perpustakaan |
Date Deposited: | 20 Jul 2018 01:44 |
Last Modified: | 20 Jul 2018 01:44 |
URI: | http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/67 |
Actions (login required)
View Item |