Yuli, Indriyanti (2007) USULAN PERBAIKAN KUALITAS PELAYANAN DI LIBRARY TRAFFIC METRO TV DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD). Other thesis, UNSADA.
Text
BAB 01.pdf Download (6MB) |
|
Text
BAB 02.pdf Download (5MB) |
|
Text
BAB 03.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB 04.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
|
Text
BAB 05.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
BAB 06.pdf Download (8MB) |
Abstract
Library Traffic Metro TV merupakan perpustakaan khusus di Metro TV yang mengoleksi kaset audio visual. Selain untuk membantu proses on air, juga digunakan oleh perusahaan maupun pihak lain sebagai materi dokumentasi, seperti copy tayang. Namun masih ada masalah yang dikeluhkan user dan pengelola library diantaranya keterlambatan dalam memenuhi permintaan user dan keterbatasan jumlah alat transfer audio visual. Untuk memberikan pelayanan yang lebih baik, Library traffic perlu memperbaiki kualitas pe/ayanan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas pelayanan di Library Traffic dengan menggunakan metode Quality Function Deployment (QFD) untuk merumuskan strategi peningkatan kualitas pelayanan library dengan mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan pelanggan sebagai acuan perbaikan Hasil penelitian pendahuluan, diperoleh 1 B atribut untuk ditanyakan kepada para user seberapa besar tingkat kepentingannya, dan juga seberapa besar tingkat kepuasannya. Masing-masing jawaban responden kemudian dianalisis menggunakan skala Likert. Atribut yang memiliki tingkat performance dibawah rata-rata, tetapi tingkat kepentingannya tinggi sehingga perlu ditingkatkan lagi pelayanannya adalah lokasi library traffic, kelengkapan fasilitas library, dan waktu pelayanan 24 jam. Atribut yang menjadi kekuatan library Metro TV karena saat ini memiliki performance dan importance yang tinggi adalah Kebersihan dan kenyamanan ruang tunggu library, keramahtamahan petugas layanan, ketepatan dalam menemukan dokumen yang diminta, kelengkapan koleksi yang tersedia, ketepatan order selesai, kecepatan waktu pelayanan, katalog mudah dioperasikan user, kelengkapan jenis koleksi audio visual, dan katalog bisa diakses disemua komputer user. Semua atribut ini harus terus-menerus dipertahankan pelayanannya. Atribut yang memiliki performance dan importance relatif rendah. perlu diperhatikan dan dikelola dengan sangat serius, karena ketidakpuasan pelanggan kerapkali berawal dari variabel-variabel ini Atribut-atribut tersebut adalah tersedianya kotak saran/kritik, dan jumlah petugas di meja pelayanan. Sementara atribut yang memiliki performance (kepuasan) sangat baik, namun sebenarnya variabel ini memiliki tingkat kepentingan (importance) yang tidak begitu penting. Adalah kerapihan petugas pelayanan, menerapkan sistem pelayanan first come first served, dan mempersingkat proses copy tayang. Usulan perbaikan yang dapat diajukan adalah memindahkan lokasi library ke ruang yang lebih dekat dengan ruang kerja para user umumnya. Meskipun demikian, jarak tidak menjadi hambatan jika sistem akses katalog sudah dapat dimaksimalkan oleh para user mela/ui komputer masing-masing. Selain itu, untuk memberi pelayanan yang lebih cepat, library memerlukan perangkat teknologi tambahan terutama a/at-a/at transfer audio visual. Pelayanan selama 24 jam juga perlu dikembangkan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Layanan perpustakaan |
Subjects: | 000 Generalities/Karya Umum > 025.5 Service to Users/Layanan Kepada Pengguna Perpustakaan |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Industri |
Depositing User: | Suwatno Suwatno Perpustakaan |
Date Deposited: | 06 Sep 2023 06:22 |
Last Modified: | 13 May 2024 07:35 |
URI: | http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/6704 |
Actions (login required)
View Item |