DAMPAK GENRE ISEKAI DALAM ANIME SWORD ART ONLINE KARYA REKI KAWAHARA

Muhammad Rizal, Nurfadilah (2023) DAMPAK GENRE ISEKAI DALAM ANIME SWORD ART ONLINE KARYA REKI KAWAHARA. Other thesis, UNSADA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (715kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (822kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (576kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (584kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
HASIL TURNITIN.pdf

Download (545kB)
Official URL: http://repository.unsada.ac.id/cgi/oai2

Abstract

Penelitian ini membahas tentang genre Isekai dalam Anime Sword Art Online karya Reki Kawahara sebagai fenomena Pop Culture Jepang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif serta Kuesioner terhadap berbagai elemen yang ada dalam Anime Sword Art Online, seperti karakter, cerita, dan pengaturan dunia. Penelitian ini bertujuan Untuk menganalisis bagaimana dampak Genre Isekai dalam Anime Sword Art Online, khususnya melalui Dunia Virtual yang digambarkan, berperan dalam memahami konsep Fantasy dalam konteks Pop Culture. Hasil penelitian menunjukkan bahwa genre Isekai dalam Sword Art Online memiliki ciri khas tersendiri, seperti perjalanan ke dunia virtual yang berbeda, karakter protagonis yang terjebak di dalamnya, dan eksplorasi dunia fantasi. Selain itu, Anime ini juga memperlihatkan pengaruhnya sebagai fenomena Pop Culture Jepang melalui popularitasnya di kalangan penggemar Anime dan pengaruhnya terhadap industri hiburan Jepang. Data dari kuesioner yang telah diisi oleh 61 responden yang berasal dari Komunitas Discord Kokobear’s Hut, menunjukkan bahwa genre Isekai dalam Anime Sword Art Online, di mana 72,1% responden memilih "Konsep dunia virtual yang menarik" sebagai faktor utama yang membuat genre ini begitu populer, 54,1% responden memilih “Karakter Utama terjebak dalam dunia yang berbeda”, dan 49,2% responden memilih "Adanya ras dan makhluk mitologi dalam dunia Isekai". Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa genre Isekai dalam Anime Sword Art Online berhasil menarik perhatian penggemar dengan konsep dunia virtual yang menarik, karakter utama yang terjebak di dunia paralel, dan keberadaan ras dan makhluk mitologi dalam dunia Isekai yang fantastis, mencerminkan bagaimana genre ini memiliki daya tarik unik dan berperan penting sebagai bagian dari Pop Culture Jepang.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Genre Isekai, Anime, Sword Art Online, Pop Culture Jepang
Subjects: 700 The Art, Fine and Sport/Kesenian, Hiburan dan Olahraga > 791.433 4 Animated Films/Film Animasi
Divisions: Fakultas Bahasa Dan Budaya > Bahasa dan Kebudayaan Jepang
Depositing User: Suwatno Suwatno Perpustakaan
Date Deposited: 21 Oct 2023 04:07
Last Modified: 21 Oct 2023 04:07
URI: http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/6858

Actions (login required)

View Item View Item