Usulan Penerapan Preventive Maintenance untuk Perbaikan Pemeliharaan Taksi Di PT.X

Mahfudz, Mahfudz (2003) Usulan Penerapan Preventive Maintenance untuk Perbaikan Pemeliharaan Taksi Di PT.X. Other thesis, Universitas Darma Persada.

[img] Text
BAB 1.pdf

Download (955kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (712kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (860kB)
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://repository.unsada.ac.id/cgi/oai2

Abstract

PT. X merupakan salah satu perusahaan taksi yang sedang berkembang, jumlah kendaraan taksi mencapai 540 unit taksi. Selama ini perusahaan dalam menangani masalah pemeliharaan taksi yang ada hanya dengan Korektive Maintenance yaitu pemeliharaan yang dilakukan dengan memperbaiki taksi hanya pada saat taksi tersebut rusak. Hal ini menyebabkan di PT X terjadi banyak taksi yang menganggur dikarenakan proses perbaikan yang memakan waktu lama dan beratnya jenis kerusakan yang terjadi. Hal ini tentu sangat merugian bagi perusahaan sehingga untuk mengatasinya diperukan suatu sistem pemeliharaan yang lebih baik. Alternatif sistem pemeliharaan yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah-masalah yang ada di PT. X adalah dengan menerapkan Pemeliharaan Pencegahan (Preventive Maintenance) dimana pemeliharaan ini dilakukan pada selang waktu yang ditentukan sebelumnya, atau terhadap kriteria lain yang diuraian, dan dimaksudkan untuk mengurangi beratnya jenis kerusaken yang terjadi. Dalam Penerapan Preventive Maintenance di PT. X langkah­ langkah awal yang diterpuh adalah mengumpulkan data-data yang dibutuhkan untuk penelitian seperti data kerusakan taksi, data biaya perbaikan, layout perusahaan, kondisi bengkel perbaikan dan lain-lain yang selanjutnya ditentukan waktu preventive maintenance, penentuan sarana dan prasarana yang dibutuhkan, dan menentukan rancangan sistem penerapan preventive maintenance. Hasi-hasil yang telah diperoleh dari usulan penerapan preventivel maintenance adalah sebagai berikut; waktu preventive maintenance 3 bulan, jenis kerusakan yang paling dominan adalah busi rusak/kotor dengan persentase 9, 88%, sedangkan penyebab terjadinya busi kotorlrusak adalah kondisi mesin yang tidak baik, metode perawatan yang salah, kualitas busi tidak memenuhi standar, dan bahan bakar serta pelumas yang tidak memenuhi standar dan kualitas yang ditentukan. Untuk sarana dan prasarana yang dibuatlditentukan antara lain; form, standar kegiatan pemeliharaan, alat-alat pemeliharaan, layout untuk pemeliharaan, rancangan jadwal pelaksanaan dan struktur organisasi preventive maintenance. Dalam rancangan sistem penerapan preventive maintenance, input sebagai awal dari sistem adalah masuknya taksi untuk dilakukan kegiatan pemeliharaan, taksi akan dilakukan proses pemeliharaan pada bagian mesin, pengapian, bahan bakar, emisi buang dan body, untuk output yang ingin dihasilkan adalah kondisi taksi yang optimal, dan kontrol dilakukan oleh pengemudi dan kepala mekanik.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pemeliharaan
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences /Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 658.02 Manajemen perusahaan
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Trie anto Perpustakaan
Date Deposited: 27 Oct 2023 07:32
Last Modified: 27 Oct 2023 07:32
URI: http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/6970

Actions (login required)

View Item View Item