M. Alfan, M (2002) PENINGKATAN PERBAIKAN KUALITAS PRODUK HUB REAR DENGAN MENERAPKAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT . DI PT.X. Other thesis, UNSADA.
Text
BAB 1.pdf Download (931kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (659kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB 6.pdf Download (1MB) |
Abstract
PT N merupakan perusahaan yang bergerak dibidang inudustrt otomotif. Produk yang dihasilkan sa~ah satunya adalah komponen sepeda motor yaitu Hub Rear. Masih banyak masalah mengenai kalitas Hub Rear yang ditandai dengan banyaknya keluhan konsumen terhadap produk tersebut yang memaksa PT untuk sesegera mungkin menyelesaikannya. Peningkatan perbaikan kualitas diharapkan dapat meminimalkan keluhan-keluhan konsumen dengan identifikasi lebih lanjut terhad a p keluhan-keluhan konsumen tersebut. Metode yang digunakan untuk menyelesaikan masalah perbaikan kualitas Hub Rear adath dengan penerapan QED, dimana dalam metode ini akan diterjemahkan apa yang dibutuhkan pelanggan menjadi apa yang dapat dihasilkan oleh produsen yaitu PT AN untuk memenuhinya.Langkah-langkah penyelesaiannya diawali denugan pengumpulan data melalui Field Product Report, Warranty Claim Report, dan oice of Costumer Report. Dari-data-data ini kemudian akan diolah dalam mariks House of Quality. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan kuesioner dimana dalam kuisioner ini terdapat variabel penelitian yaitu kondisi fisik, pemenuhan fungi, cdan pelayanan untuk Hub Rear. Berdasarkan uji validitas maka dari 16 item dinyatakan valid dan dari uji reliabilitas dinyatakan bahwa tingkat keterhandalannya adalah 2,039. Dari kuisioner ini faktor-faktor yang perlu mendapatkan perhatian untuk diperbaiki dalam rang#a peningkatan kualitas Hub Rear adalah kekatan Hub Rear (30% TB), ukuran Hub Rear (32% TB), bentuk Hub Rear (34% ATB). fungi Hub Rear terhadap spoke (34% AT), fungsi Hub rear terhadap bearing (32% TB), fungsi Hub Rear terhadap kasut rem (34% 4TB), penggantian Hub Rear yang rusak atau cacat pada masa garansi (34% ATB), dan penyediaan suku cadang (38% ATB). Hasil yang diperoleh dari mariks rumah kualitas adalah identifikasi keinginan pelanggan yaitu desain produk dengan lebih memperhatikan kekuatan, bentuk dan ukuran, desain warna untuk lebih, desain proses baik untuk proses pembuatan produk maupun untuk proses pelayanan kepad pelanggn, dan penurunan harga suku caudang. Sedangkan untuk upaya penanggulangan terhadap kasus-kasus pada Hub Rear yang dapat dilakukan oleh PT. X adalah dengan melakukan rekayasa desain yang lebih baik, perencanaan manufaktur yang lebih baik, perbaikan pada unit produksi, kontrol manufaktur yang lebih baik, dan layanan purnt jal yang lebih baik. Dari matriks relative importance ratings diketahui prioritas pelaksanan upya dalam memenuhi keinginan pelnggan secara berurutan dari nilai tertinggi yaitu: melaksanakan proses produksi yang sesuai dengan spesifikasi atau prosedur yang diberikan (rating 120), melakukan uji bahan dilaboratorium (rating 87), mendesain hub dengan memperhatikan kemudahan untuk dimanufaktur dan dirakit (rating 63), memberikan pengarahan atu petunjuk kepada operator akan pentingnya standar prosedur pengoperasian dengan bekerja sesuai SOP (rating 60), dan seterusnya (sesuai nilai pada matriks relative importance ratings). Dari hasil-hasil diatas maka disimpulkan bahwa penerapan QFD ii sangat diperhukan oleh PT N untuk peningkatan kualitas Hub Rear yang diproduksi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen kualitas |
Subjects: | 600 Technology and Applied Sciences /Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 658.4013 Control and Quality Management/Manajemen Kontrol dan Kualitas |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Industri |
Depositing User: | Suwatno Suwatno Perpustakaan |
Date Deposited: | 02 Nov 2023 03:36 |
Last Modified: | 05 Jun 2024 07:11 |
URI: | http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/7039 |
Actions (login required)
View Item |