Nisa Tasya, Alfiani and Herlina, Sunarti and Bertha, Nursar (2023) Pemanfaatan Buku Ajar Marugoto Berdasarkan Respon Mahasiswa Angkatan 2022 Prodi Bahasa dan Kebudayaan Jepang Universitas Darma Persada. urnal Bahasa dan Budaya Jepang, 6. pp. 14-20. ISSN 2807-7709
Text
Pemanfaatan Buku Ajar....pdf Download (2MB) |
Abstract
enelitian ini membahas tentang pemanfaatan buku ajar Marugoto berdasarkan respon mahasiswa angkatan 2022 Prodi Bahasa dan Kebudayaan Jepang Universitas Darma Persada di mata kuliah Menyimak (Choukai), Pemahaman Wacana (Dokkai), dan Percakapan (Kaiwa). Penulis juga membahas penggunaan website pembelajaran online yaitu Marugoto Plus dan JF Japanese e-Learning Minato, serta kegiatan yang dilakukan mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan bahasa Jepang. Penelitian ini menggunakan metode analisis data deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengambilan data penelitian berupa kuesioner dengan google form yang disebarkan kepada seluruh mahasiswa angkatan 2022 Prodi Bahasa dan Kebudayaan Jepang Universitas Darma Persada yang menjadi objek dari penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ajar Marugoto telah cukup memenuhi kebutuhan dalam pembelajaran bahasa Jepang. Selain itu, hasil angket menunjukkan adanya kekurangan dan kelebihan dalam penggunaan pada buku ajar Marugoto pada tiga mata kuliah tersebut. Hasil angket pun menunjukkan bahwa kegiatan menonton film/drama/anime/YouTube Jepang tanpa subtitles dan mendengarkan lagu bahasa Jepang tanpa melihat lirik adalah kegiatan yang paling banyak dilakukan mahasiswa angkatan 2022 Prodi Bahasa dan Kebudayaan Jepang Universitas Darma Persada untuk meningkatkan kemampuan bahasa Jepang.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Marugoto; buku ajar; kurikulum; Marugoto Plus; E-Minato Online Course |
Subjects: | 300 Social Science/Ilmu Sosial > 375 Curricula/Kurikulum |
Divisions: | Fakultas Bahasa Dan Budaya > Bahasa dan Kebudayaan Jepang |
Depositing User: | Setyo Renny Perpustakaan |
Date Deposited: | 06 Nov 2023 04:42 |
Last Modified: | 03 Jun 2024 05:55 |
URI: | http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/7065 |
Actions (login required)
View Item |