ANALISIS UNJUK KERJA KURSI RODA DIFABEL AKIBAT ADANYA MODIFIKASI RANGKA DAN SISTEM POWERTRAIN UNTUK MENDAPATKAN SPESIFIKASI PRODUK

Eriko Pradana, Putra (2023) ANALISIS UNJUK KERJA KURSI RODA DIFABEL AKIBAT ADANYA MODIFIKASI RANGKA DAN SISTEM POWERTRAIN UNTUK MENDAPATKAN SPESIFIKASI PRODUK. Other thesis, UNSADA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (805kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (571kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (761kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (798kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (494kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (490kB)
[img] Text
HASIL TURNITIN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: http://repository.unsada.ac.id/cgi/oai2

Abstract

Kebutuhan akan kursi roda semakin meningkat, sehingga diperhitungkan untuk mencoba inovasi dalam hal penggunaan teknologi pada kursi roda, hal ini ten-tunya untuk memudahkan aktivitas dan akan sangat membantu para penyandang disabilitas. Selain itu, penggunaan teknologi kursi roda bertenaga baterai akan menghemat banyak biaya karena prinsip kerja baterai jika habis dapat digunakan kembali. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis unjuk kerja kursi roda difabel akibat adanya modifikasi rangka dan sistem powertrain guna mencapai spesifikasi produk yang diinginkan. Kursi roda difabel adalah alat bantu bagi penderita disabilitas, mobilitas individu dengan kebutuhan khusus, dan modifikasi rangka serta sistem powertrain dapat memainkan peran penting dalam meningkatkan fungsionalitas dan kinerjanya. Modifikasi pada rangka dan sistem power train memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja kursi roda difabel. Perubahan desain dan komponen sistem dapat mempengaruhi stabilitas, kelincahan, dan efisiensi kursi roda. Peforma kursi roda difabel menggunakan baterai memiliki jarak tempuh dalam 1 siklus pengisian baterai hingga mencapai 40% didapat yaitu sekitar 0,692 kilometer atau 692 meter dengan lama waktu pemakaian baterai adalah sekitar 13 menit dan waktu yang diperlukan untuk mengisi baterai sekitar 3 jam, Dengan Kecepatan ratarata adalah 2,28 km/jam, dan kecepatan maksimum adalah 3,71 km/jam serta dengan kemiringan jalan pada uji coba alat yaitu kemiringan maksimum adalah 10°, kemiringan minimal adalah -3°, dan kemiringan rata-rata adalah 3°.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: kursi roda difabel, modifikasi rangka, sistem powertrain, analisis unjuk kerja, spesifikasi produk.
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences /Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 658.5 Management of Production/Manajemen Produksi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Suwatno Suwatno Perpustakaan
Date Deposited: 16 Feb 2024 03:19
Last Modified: 16 Feb 2024 03:19
URI: http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/7630

Actions (login required)

View Item View Item