Analisis Penggunaan Wakamono Kotoba Berdasarkan Gender dalam Media Sosial Twitter

Erwin Nur, Diansyah (2018) Analisis Penggunaan Wakamono Kotoba Berdasarkan Gender dalam Media Sosial Twitter. Other thesis, Universitas Darma Persada.

[img]
Preview
Text
Cover, dll.pdf

Download (950kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (779kB) | Preview
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (729kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (564kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://repository.unsada.ac.id/cgi/oai2

Abstract

Penelitian ini membahas penggunaan wakamono kotoba berdasarkan gender dimedia sosial twitter. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kecenderungan penggunaan wakamono kotoba yang digunakan oleh laki-laki dan perempuan dalam media sosial twitter. Data penelitian berupa tweet dari sepuluh akun anak muda Jepang dan ditemukan 376 kata yang merupakan wakamono kotoba. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan pengumpulan data, kemudian berdasarkan data-data tersebut analisa dilakukan, hasil dari pengumpulan data tersebut digeneralisasikan dan di deskripsikan agar selanjutnya dapat diketahui bahwa :1. Laki-laki maupun perempuan sering menggunakan kyouchougo dan kata singkatan. 2.Perempuan lebih banyak menggunakan wakamono kotoba dibanding laki-laki. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa ada kecenderungan penggunaan wakamono kotoba yang digunakan oleh anak muda Jepang, yaitu mereka lebih sering menggunakan wakamono kotoba yang berupa penyingkatan dan kyouchougo (kata untuk memberikan penekanan) dalam media sosial twitter dan perempuan lebih sering menggunakan wakamono kotoba dibandingkan laki-laki. Kata Kunci : Wakamono kotoba, Twitter, laki-laki dan perempuan, kata yang disingkat, kyouchougo 本研究はソーシャルメデイアのツイッタにおける男女による日本の若者言葉の使用に関しての分析を説明した。ソーシャルメデイアのツイッターで男女がよく使われる若者言葉の使用頻度を明確してそのけいこうを説明した。研究のデータとして十の日本の若者のアカウントから 376 の若者言葉を見付かった。データは一ヶ月間で集めるツイートの文である。本研究は定性研究であるため、研究のデータを収集し、統計によって分析した。研究の結果として次のことが分かるようになった :1.男でも女でも強調語と省略語をよく使う。2. 女が男より若者言葉をよく使う。そして本研究の結果は日本の若者がツイッターで強調語と省略語と言う若者言葉を使うと言う傾向が見られる。さらに女が男より若者言葉をよく使う。 キーワード :若者言葉、ツイッター、男女、省略語、強調語

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Wakamono kotoba, Twitter, laki-laki dan perempuan, kata yang disingkat, kyouchougo
Subjects: 400 Language/Bahasa > 495.6 Japanese/Bahasa Jepang
Divisions: Fakultas Bahasa Dan Budaya > Bahasa dan Kebudayaan Jepang
Depositing User: Fachry Al-Tolah Perpustakaan
Date Deposited: 13 Mar 2019 11:12
Last Modified: 13 Mar 2019 11:12
URI: http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/826

Actions (login required)

View Item View Item