ANALISIS PENGARUH PERUBAHAN UKURAN UTAMA TERHADAP KAPASITAS RUANG MUAT KAPAL RANCANGAN MV.PANJAITAN UNTUK MENGATASI KELANGKAAN PETI KEMAS

Ranto Frederick, Alexander Panjaitan (2024) ANALISIS PENGARUH PERUBAHAN UKURAN UTAMA TERHADAP KAPASITAS RUANG MUAT KAPAL RANCANGAN MV.PANJAITAN UNTUK MENGATASI KELANGKAAN PETI KEMAS. Other thesis, UNSADA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (566kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (884kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (554kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (615kB)
[img] Text
HASIL TURNITIN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB)
[img] Text
SUKET_TURNITIN_TA_RANTO_PANJAITAN_FIX_-_Ranto_Frederick - Alwi Angriawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB)
Official URL: http://repository.unsada.ac.id

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang utama pada studi kasus kelangkaan peti kemas yang pernah terjadi di wilayah makassar pada tahun 2021 yang disebabkan karena kurangnya kapasitas ruang muat kapal peti kemas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perubahan ukuran utama terhadap kapasitas ruang muat yang diharapkan dapat menjadi suatu moda pilihan kapal untuk mengatasi kelangkaan peti kemas di 10 tahun mendatang. Metode penelitian menggunakan beberapa metode diantaranya metode regresi linear untuk proyeksi arus muat dan metode perhitungan round trip untuk simulasi perjalanan kapal, analisis persentase pemenuhan pengangkutan peti kemas dan perbandingan ukuran utama dengan kapal pembanding sesuai Rules BKI for Containership dari hasil simulasi perjalanan kapal selama 10 tahun mendatang. Hasil dari penelitian ini adalah terjadi perubahan ukuran pada Length Over All (LOA) = 166,769 m, LWL (Length Water Line) = 162 m, 702, LBP (Length Between Perpendicular) = 157,963 m, Breadth (B) = 26,93 m, Depth (H) = 13,581 m, Draught = 9,007 m dimana kapasitas ruang muat menjadi 1167 TEU’s dengan panjang 126,79 m yang dalam 10 tahun mendatang dari hasil analisis berupa 59,46% sehingga dapat memenuhi dalam mengatasi kelangkaan peti kemas dalam 10 tahun mendatang.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kapasitas Ruang Muat, Pelabuhan New Makassar, Pelabuhan Tanjung Priok, Perubahan Ukuran Utama Kapal
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences /Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 623.82 Nautical Craft/Kapal laut
Divisions: Fakultas Teknologi Kelautan > Teknik Perkapalan
Depositing User: Suwatno Suwatno Perpustakaan
Date Deposited: 13 Dec 2024 08:10
Last Modified: 13 Dec 2024 08:10
URI: http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/8763

Actions (login required)

View Item View Item