Ciri Khas Aksen Bahasa Jepang Oleh Orang Indonesia Dan Cara Pengajarannya

Dila, Rismayanti and Yasuko, Morita and Chonan, Kazuhide (2015) Ciri Khas Aksen Bahasa Jepang Oleh Orang Indonesia Dan Cara Pengajarannya. Prosiding Seminar Hasil Penelitian Semester Ganjil 2014/2015, III (1). ISSN 2337-7976

[img]
Preview
Text
CIRI KHAS AKSEN BAHASA JEPANG OLEH ORANG INDONESIA.pdf

Download (246kB) | Preview
Official URL: http://repository.unsada.ac.id/cgl/oai2

Abstract

Salah satu aspek yang dipelajari dalam mempelajari bahasa asing adalah aksen. Aksen terdiri atas aksen kata dan aksen kalimat. Bahasa Jepang termasuk bahasa yang memiliki sistem aksen yang berperan amat penting, karena melalui perbedaan aksen dapat menghasilkan makna yang berbeda. Pada penelitian ini dilakukan eksperimen terhadap sejumlah mahasiswa, dengan melafalkan aksen kata Bahasa Jepang dan Indonesia. Responden adalah mahasiswa jurusan Jepang semester lima ke atas. Sementara, Bahasa Indonesia tidak memiliki sistem aksen kata yang spesifik seperti Bahasa Jepang standar (Hyojun-go). Aksen Bahasa Indonesia bersifat individual, seperti tampak pada penelitian ini. Pada pelafalan aksen Bahasa Jepang, pembelajar Indonesia selain kesulitan untuk memahami bunyinya, juga sulit dalam melafalkan aksennya secara tepat. Pada kosakata Bahasa Jepang dengan sistem aksen yang familiar dalam Bahasa Indonesia, para responden cenderung melafalkan aksen dengan benar. Sementara untuk kata dengan aksen yang tidak ada dalam Bahasa Indonesia, sangat sedikit responden yang mampu melafalkan dengan tepat. Faktor bahasa ibu tampak cukup kuat pengaruhnya dalam melafalkan aksen Bahasa Jepang.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: aksen, lafal, suku kata, makna, dialek
Subjects: 400 Language/Bahasa > 495.6 Japanese/Bahasa Jepang
Divisions: Fakultas Bahasa Dan Budaya > Bahasa dan Kebudayaan Jepang
Depositing User: Setyo Renny Perpustakaan
Date Deposited: 26 Apr 2019 08:56
Last Modified: 26 Apr 2019 08:56
URI: http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/961

Actions (login required)

View Item View Item