Analisis Performa Rem Kendaraan Penumpang Berukuran Sedang (Midsize Passenger’s Car “2500 mm <L<2800 mm”) Menggunakan Model Temperatur Pengereman

Rolan, Siregar and Mohammad, Adhitya and Danardono A, Sumarsono (2016) Analisis Performa Rem Kendaraan Penumpang Berukuran Sedang (Midsize Passenger’s Car “2500 mm <L<2800 mm”) Menggunakan Model Temperatur Pengereman. Proceeding Seminar Nasional Tahunan Teknik Mesin XV (SNTTM XV), XV.

[img]
Preview
Text
B3. ROLAN_Analisis Performa Rem Kendaraan Penumpang Berukuran Sedang (Midsize Passenger’s Car “2500 mm L2800 mm”) Menggunakan Model Temperatur Pengereman.pdf

Download (610kB) | Preview
Official URL: http://repository.unsada.ac.id/cgl/oai2

Abstract

Pada penelitian ini dilakukan pengkajian terhadap kinerja sistem rem berdasarkan temperatur pengereman pada rotor disc yang ada pada tiap roda, sehingga dapat dilihat fungsi rem apakah berkerja dengan baik atau tidak. Di mana sistem pengereman yang tidak berfungsi dengan baik seperti kaliper kurang mencekam akan terlihat dari panas rotor disc yang terjadi. Jika satu unit rem tidak berfungsi maka beban pengereman unit lainnya akan bertambah dan dapat menimbulkan panas yang berlebih. Panas berlebih dapat menyebabkan kinerja rem tidak berfungsi dengan optimal karena kegagalan material untuk menahan panas tersebut. Berat muatan kendaraan adalah divariasikan dan pengereman dilakukan di jalan lurus dan berbelok dengan asumsi permukaan jalan datar, hal ini dilakukan untuk mengetahui kapan temperatur maksimum terjadi di tiap rem. Berdasarkan hasil penelusuran bahwa besar temperatur maksimum rem di roda depan (salah satu) adalah 222 oC , rem belakang 239 oC, selisih maksimum temperatur antar rem belakang dengan depan (R4-R2) adalah 92 oC, antara rem depan kiri dengan depan kanan adalah 71 oC, dan antar rem belakang kanan dengan kiri adalah 77 oC. Hasil penelusuran temperatur maksimum dan selisih temperatur antar rem tersebut adalah sebagai acuan kinerja rem apakah masih berfungsi dengan normal atau tidak pada spesifikasi kendaraan tersebut, di mana alat deteksi temperatur akan dikembangkan sebagai alert tambahan kondisi rem yang pada akhirnya untuk mengurangi resiko kecelakaan kendaraan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Performa rem; midsize passengers car; temperatur pengereman
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences /Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 629.2 Motor Land Vehicles and Cycles Engineering/Teknik Kendaraan Bermotor dan Teknik Sepeda
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Setyo Renny Perpustakaan
Date Deposited: 02 May 2019 11:20
Last Modified: 02 May 2019 11:20
URI: http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/973

Actions (login required)

View Item View Item