ANALISA KESELAMATAN KAPAL RO-RO 1340 GT DITINJAU DARI DAMAGE STABILITY

Yoga Cakra, Buana (2019) ANALISA KESELAMATAN KAPAL RO-RO 1340 GT DITINJAU DARI DAMAGE STABILITY. Other thesis, Universitas Darma Persada.

[img] Text
1. .Cover, Abstrak dan Daftar Isi.pdf

Download (768kB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (390kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB III.pdf

Download (475kB)
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (773kB)
[img] Text
7. BAB VI.pdf

Download (212kB)
[img] Text
8. K.Daftar Pustaka.pdf

Download (414kB)
Official URL: http://repository.unsada.ac.id/cgi/oai2

Abstract

Secara umum stabilitas dapat diartikan bahwa stabilitas atau keseimbangan ialah suatu sifat atau kecenderungan sebuah kapal untuk kembali tegak seperti kedudukan semula setelah mendapatkan senget karena gaya dari luar. Damage Stability atau lebih dikenal dengan stabilitas kapal bocor merupakan keadaan dimana kapal mengalami kebocoran pada kompartemen kapal sehingga kondisi stabilitas kapal menjadi terganggu. Kondisi tersebut harus diatasi dengan memiliki perencanaan kompartemen yang mampu mencegah ketidakstabilan atau bahkan menyebabkan tenggelamnya kapal. Pada Tugas akhir ini kapal yang menjadi obyek penelitian adalah Kapal Ro-Ro 1340 GT yang beroperasi pada pelayaran Ketapang – Gilimanuk. Metode yang dipakai untuk menghitung damage stability adalah metode lost buoyancy. Metode ini mengasumsikan kondisi dimana ketika kapal mengalami kebocoran maka buoyancy kapal akan berkurang, hal ini terjadi karena ruang kosong dalam kapal akan terisi air sehingga tidak lagi menjadi bagian yang memberi kontribusi pada besarnya buoyancy sehingga sarat kapal akan bertambah dan dapat mengakibatkan sinkage. Sesuai perhitungan SOLAS (Safety Of Life At Sea) Consolidated Edition 2014 Chapter II-1 Part B-1.terdapat dua index yang dibandingkan yaitu index R Required index yang tergantung pada panjang penyekatan kapal dan index A Attained subdivision index. Nilai index A tergantung pada faktor Pi yang menunjukkan kemungkinan bahwa kompartemen atau beberapa kompartemen berhubungan mengalami kebocoran serta faktor Si yang menujukkan kemungkinan kapal akan selamat jika terjadi kebocoran. Dengan membandingkan nilai index A dan index R. maka dapat diketahui apakah damage stability dan penyekatan kapal sudah memenuhi standar SOLAS.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kapal Ro-Ro, Damage Stability, SOLAS, Lost Buoyancy.
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences /Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 623.82 Nautical Craft/Kapal laut
Divisions: Fakultas Teknologi Kelautan > Teknik Perkapalan
Depositing User: Trie anto Perpustakaan
Date Deposited: 01 Mar 2021 02:45
Last Modified: 29 Apr 2021 07:41
URI: http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/1583

Actions (login required)

View Item View Item