Bondan Kartika Ahmad, Ibrahim (2019) DESAIN KAPAL WISATA JENIS PINISI DI PERAIRAN INDONESIA TIMUR. Other thesis, Universitas Darma Persada.
Text
1. COVER, Abstrak, Daftar Isi.pdf Download (593kB) |
|
Text
2. Bab I.pdf Download (277kB) |
|
Text
3. Bab II.pdf Download (1MB) |
|
Text
4. Bab III.pdf Download (888kB) |
|
Text
5. Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
6. Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
7. Bab VI.pdf Download (23kB) |
|
Text
8. Daftar Pustaka.pdf Download (258kB) |
|
Text
9. Lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kapal pinisi merupakan salah satu kapal khas tradisional dan sebuah mahakarya orang Indonesia yang sampai sekarang masih banyak digunakan. Dan sekarang kapal ini dijadikan kapal wisata dengan konsep liveaboard tourism. Kapal ini merupakan kapal yang sangat tangguh dan adaptif walaupun pembuatan kapal ini sama sekali tidak memakai metode-metode engineering apalagi mengikuti standar ataupun kriteria yang mengatur tentang pembuatan kapal. Maka dari itu peneliti tertarik mempelajari pembuatan dari kapal pinisi ini yang memakai metode-metode perkapalan mengikuti standar, kriteria dan peraturan- peraturan yang berlaku dalam dunia perkapalan. Pada penelitian yang mendesain kapal pinisi wisata ini, membahas tentang penentuan ukuran utama kapal dengan perbandingan beberapa geometri kapal seperti perbandingan panjang dan lebar, lebar dan sarat air, panjang dan tinggi, lebar dan tinggi. Metode Trial dan Error dilakukan pada desain gambar rencana garis (Lines Plan) dan rencana umum (General Arrangement). Stabilitas dan tahanan dihitung sebagai faktor keselamatan saat pelayaran. Ditambah perhitungan kelayakan ekonomi dari pembuatan kapal ini menggunakan metode Net Present Value, Profitability Index, Payback Period dan Internal Rate of Return. Dari metode perbandingan dan Trial and Error didapatkan ukuran utama kapal yaitu LOD = 33.0 m, B = 9 m, H = 3.5 m, T = 2.8 m, Cb = 0.591 dan Vs = 9 Knot. Dari dimensi tersebut dirancanglah gambar rencana garis (Lines Plan), rencana umum (General Arrangement), perhitungan tahanan dan stabilitas. Dari hasil perhitungan ekonomi didapatkan nilai total investasi kapal selama 20 tahun sebesar Rp 6.075.507.162 layak untuk dibuat. Dari perhitungan dengan metode ekonomi didapatkan nilai investasi masa pakai kapal selama 20 tahun itu menunjukan keuntungan dengan nilai sebesar 2.191.418.809>0 dari Net Present Value, 22,73% dari perhitungan Internal Rate of Return, dengan payback period selama 4 tahun, profitability index sebesar 12,11.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Desain, Kapal Pinisi, Stabilitas, Tahanan, Ekonomi, Liveaboard |
Subjects: | 600 Technology and Applied Sciences /Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 623.82 Nautical Craft/Kapal laut |
Divisions: | Fakultas Teknologi Kelautan > Teknik Perkapalan |
Depositing User: | Trie anto Perpustakaan |
Date Deposited: | 01 Mar 2021 02:45 |
Last Modified: | 01 Mar 2021 02:45 |
URI: | http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/1584 |
Actions (login required)
View Item |