NALISA TAHANAN KAPAL TERHADAP PERUBAHAN DIMENSI UKURAN KAPAL TUG BOAT 360 HP

FACHRUL, RAZAK (2020) NALISA TAHANAN KAPAL TERHADAP PERUBAHAN DIMENSI UKURAN KAPAL TUG BOAT 360 HP. Other thesis, Universitas Darma Persada.

[img] Text
COVER.pdf

Download (839kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (59kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (475kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (608kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (597kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)
Official URL: http://repository.unsada.ac.id/cgi/oai2

Abstract

Kapal tunda pelabuhan merupakan prasarana transportasi laut yang mendukung kelancaran sistem alur masuk dan keluar di pelabuhan, diperlukan sarana armada kapal tunda yang dapat menunjang kinerja pada pelabuhan dalam mendukung kegiatan escort dan assist dari kolam pelabuhan ke dermaga, Yang dalam hal ini kapal tunda x, dan beroperasi di Pelabuhan dalam kegiatan escort dan assist dari kolam pelabuhan ke dermaga, pada saat beroperasi memiliki kecepatan free Running maksimal 9,7 knot. Selanjutnya Owner ship mengambil suatu kebijakan untuk melakukan perubahan pada ukuran dimensi panjang kapal, penambahan panjang pada buritan untuk penambahan mesin induk kapal. Redesign ukuran dimensi panjang kapal dengan ketentuan-ketentuan perubahan mempengaruhi nilai tahanan dan effective power yang dibutuhkan kapal. Maka perubahan ukuran dimensi kapal sehingga dapat diasumsikan kecepatan dinas kapal sebesar 12 knot pada free Running dan 13 ton kondisi bollard pull. Pendekatan redesign ulang menggunakan software Delftship freeship dengan dasar metode Delftship series (98) dengan perubahan penambahan panjang ukuran dimensi pada bagian buritan kapal 1,3 m – 1,5m diketahui desain lambung awal dengan metode delftship series (98) memiliki nilai resistance 31,777 kN pada kecepatan dinas 9,7 knot dan metode (ITTC 1957 & Froud) resistance 32,288 kN dengan kecepatan dinas 9,3 knot, setelah perubahan dimensi ukuran dan dianalisa nilai tahanan menggunakan 3 metode pendekatan hasil nilai Resistance menjadi 65,561 kN (Delftship (Delft Series & John Winters)), 53,763 kN (ITTC 1957 & Froud), 52,441 kN( standar series taylor’s / caldwell’s) pada kecepatan dinas 12 knot.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Redesign, Effective Power, ship resistance, Tugboat.
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences /Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 623.82 Nautical Craft/Kapal laut
Divisions: Fakultas Teknologi Kelautan > Teknik Sistem Perkapalan
Depositing User: Trie anto Perpustakaan
Date Deposited: 22 Dec 2021 02:28
Last Modified: 22 Dec 2021 02:28
URI: http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/2203

Actions (login required)

View Item View Item