Nugroho Prasetyo, Adhi (2015) TINJAUAN HASIL PERHITUNGAN BERAT HULL DESAIN KAPAL DENGAN BERAT HULL KAPAL YANG DIBANGUN ( STUDY KASUS PADA KAPAL TUG BOAT X ). Other thesis, Universitas Darma Persada.
|
Text
cover.pdf Download (535kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (19kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (877kB) | Preview |
|
Text
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (248kB) |
||
Text
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (172kB) |
||
Text
Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (431kB) |
||
|
Text
Bab 6.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar pustaka.pdf Download (27kB) | Preview |
|
Text
lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Dalam perkembanganya rencana perhitungan terhadap pemakaian berat baja hull kapal merupakan hal yang sangat penting sebelum melakukan tahap desain gambar untuk mendapatkan estimasi pemakaian pelat baja kapal yang akurat. Hal ini dilakukan agar kapal yang dibangun beratnya tidak melebihi dari desain awal yang diinginkan. Komponen berat hull umumnya mulai dari berat badan kapal termasuk material internal tangki, bangunan atas (superstructure) dan perumahan geladak (deck house). Tinjauan ini bertujuan untuk mengetahui dan membandingkan antara rencana berat hull desain awal dengan berat hull kapal yang dibangun untuk mendapatkan prosentase serta pengaruh apa saja dari hasil prosentase, Karena dalam suatu rencana desain pada perhitunganya banyak menggunakan metode pendekatan untuk mendapatkan hasil rencana berat hull desain kapal dan pada saat pembangunanya juga rencana desain tidak sepenuhnya menjadi acuan utama akibat dari banyak perhitungnya mengunakan metode pendekatan. Dalam tinjauan ini di gunakan metode perbandingan dimana data rencana berat hull desain awal berasal dari anjuran pendekatan Class dan data berat hull kapal yang dibangun berasal dari galangan pembuat. Selanjutnya dilakukan perhitungan untuk mendapatkan hasil total berat baja dan total berat pemakaian elektroda dari berat hull kapal desain dan juga kapal yang di bangun kemudian di bandingkan dengan hasil setiap Cst ( Coefisien berat baja ) 90→145 agar dapat di ketahui Cst mana yang paling mendekati dengan berat hull total kapal yang di bangun. Maka akan di ketahui berapa prosentase desain berat hull dari setiap Cst desain dengan berat hull kapal yang di bangun, Antara lain Cst 90 = 24,2%, Cst 100 = 16,1%, Cst 110 = 7,9%, Cst 120 = -0,3%, Cst 130 = -8,5, Cst 140 = -16,7%, Cst 145 = -20%. Untuk prosentase yang paling mendekati dengan berat baja hull kapal yang di bangun adalah Cst 120 yaitu dengan prosentase -0,3%.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berat Baja Hull Kapal, Prosentase Berat Hull Kapal |
Subjects: | 600 Technology and Applied Sciences /Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 623.8 Nautical Engineering and Seamanship/Teknik Perkapalan, Teknik Nautika dan Ilmu Angkatan laut |
Divisions: | Fakultas Teknologi Kelautan > Teknik Perkapalan |
Depositing User: | Julia Ningsih Perpustakaan |
Date Deposited: | 31 Jul 2018 02:38 |
Last Modified: | 04 Jun 2024 03:50 |
URI: | http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/245 |
Actions (login required)
View Item |