ANALISIS PERBAIKAN PROSES TEMPERING LEAF SPRING MENGGUNAKAN KONSEP KAIZEN DENGAN SIKLUS PDCA DI PT CHUHATSU INDONESIA

Arya Bagus, Priambodho (2021) ANALISIS PERBAIKAN PROSES TEMPERING LEAF SPRING MENGGUNAKAN KONSEP KAIZEN DENGAN SIKLUS PDCA DI PT CHUHATSU INDONESIA. Other thesis, Universitas Darma Persada.

[img] Text
COVER-DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (672kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (967kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (791kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (659kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (773kB)
Official URL: http://repository.unsada.ac.id/cgi/oai2

Abstract

Dalam memenuhi kebutuhan pelanggan di PT. Chuhatsu Indonesia menghadapi permasalahan dalam pengendalian kualitas produk yaitu kualitas produk yang tidak sesuai standar. Jenis leaf spring pada PT.Chuhatsu Indonesia yaitu pada proses tempering. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk memberikan usulan perbaikan produk leaf spring pada PT. Chuhatsu Indonesia. Identifikasi parameter penyimpangan mutu terbesar dilakukan dengan menggunakan seven tools, kaizen,spc,checksheet,dan pdca Peta Kontrol. Berdasarkan pareto. proses hbd tempering pada pembuatan produk Leaf Spring (per daun dan menerapkan metode Kaizen dengan tool PDCA (Plan, Do, Check, Action) sebagai alternatif pengurangan defect dari hasil proses hbd tempering pada pembuatan produk Leaf Spring (per daun). pada data bulan Juli 2019 menunjukkan total unit reject yang dihasilkan di PT. Chuhatsu Indonesia khususnya di area proses Tempering leaf spring tercatat sebanyak 21 pcs unit dengan unit reject produk leaf spring. Faktor kerusakan yang paling berpengaruh diperoleh dengan melakukan analisis FMEA. Tiga RPN tertinggi yaitu pada penyebab kegagalan pada faktor mesin yaitu material terlalu panas atau terlalu dingin menyebabkan HBD tidak standart dengan nilai RPN sebelum sebesar 128 dan sesudah perbaikan 16. Usulan perbaikan pada penelitian ini dengan menggunakan konsep kaizen berupa siklus PDCA (Plan Do Check Action) dan standarisasi.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Konsep kaizen, Metode PDCA, Kualitas, SPC, FMEA, PT. Chuhatsu Indonesia
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences /Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 658.4013 Control and Quality Management/Manajemen Kontrol dan Kualitas
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Trie anto Perpustakaan
Date Deposited: 28 Apr 2022 02:57
Last Modified: 28 Apr 2022 02:57
URI: http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/2559

Actions (login required)

View Item View Item