Satrio Ilham, Pratama (2021) IMPLEMENTASI SISTEM PENILAIAN UJIAN SEKOLAH MENGGUNAKAN CBT DENGAN METODE CONSINE SIMILARITY ( Studi Kasus : SMK Tridharma Budhidaya Jakarta ). Other thesis, Universitas Darma Persada.
Text
COVER-DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (719kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (898kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (580kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (633kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (608kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi informasi membuat banyak aspek mengalami perubahan, seperti penerapan Ujian Sekolah (US) bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Sebelumnya, US diselenggarakan dengan menggunakan media kertas, saat ini beralih menggunakan media komputer. Hal ini memang membawa banyak dampak positif bagi perkembangan dunia pendidikan. Adanya peralihan media ujian ini membuat banyak muncul berbagai aplikasi Ujian Berbasis Komputer (UBK) atau Computer Based Test (CBT). Tidak hanya perubahan dalam media ujian, perubahan juga terjadi disetiap wilayah ada yang ujian mengikut dengan sekolah lain agar bisa menggunakan sistem CBT, ada pula yang mandiri dengan sistemnya. Ujian adalah salah satu cara untuk mengukur performa siswa dalam proses belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Membuat suatu sistem penilaian otomatis pada ujian sekolah berbasis online menggunakan metode consine similarity. (2) Mengetahui hasil koreksi hasil belajar siswa dengan koreksi otomatis menggunakan metode consine similarity. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aplikasi penilaian ujian sekolah berbasis online menggunakan metode consine similarity dibuat menggunakan bahasa pemrograman HTML, PHP, Javascript dengan bantuan JQuery, dan MySQL. Serta menggunakan Bootstrap sebagai CSS tampilan dari aplikasi. Setelah dilakukan validasi produk diperoleh kesesuaian antara nilai manual yang dilakukan oleh pengajar yang dibandingkan dengan nilai sistem adalah dengan rata-rata 89,48%. (2) Tidak ada perbedaan yang signifikan antara hasil koreksi aplikasi penilaian ujian essay berbasis online menggunakan metode consine similarity dan metode koreksi secara manual.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | penilaian otomatis, ujian sekolah, text similarity, keyword, consine similarity |
Subjects: | 000 Generalities/Karya Umum > 005.5 General Purpose Application Programs/Program Aplikasi dengan Kegunaan Khusus |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Informatika |
Depositing User: | Trie anto Perpustakaan |
Date Deposited: | 18 May 2022 07:21 |
Last Modified: | 18 May 2022 07:21 |
URI: | http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/2603 |
Actions (login required)
View Item |