OPTIMASI DESAIN KAPAL IKAN MONOHULL MENJADI DEMIHULL HYBRID (DIESEL– SOLAR PV)

Rizky, Irvana (2020) OPTIMASI DESAIN KAPAL IKAN MONOHULL MENJADI DEMIHULL HYBRID (DIESEL– SOLAR PV). Masters thesis, Universitas Darma Persada.

[img] Text
Cover Rizky.pdf

Download (725kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (277kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (520kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (72kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (222kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pada saat ini, nelayan di kerapkan dengan masalah yang dihadapi yaitu langkanya pasokan BBM dan mahalnya harga BBM tersebut. Ketergantungan nelayan akan penggunaan bahan bakar fosil masih sangat tinggi yaitu 95,4% Dengan semakin naiknya harga bahan bakar minyak, serta ketersediaan dari bahan bakar fosil yang semakin berkurang para nelayan mengalami kesulitan dalam melakukan aktivitas melautnya. IMO (Internasional Maritime Organization) mencatat bahwa sekitar 277 juta ton bahan bakar dikonsumsi oleh kapal. Menurut studi emisi yang dilakukan oleh IMO, 961 juta ton CO2 menyumbang 2,5% dari total emisi global. Dengan kondisi tersebut, saat ini negara-negara di dunia berlomba untuk mencari dan memanfaatkan sumber energi alternatif. Cahaya matahari telah dimanfaatkan manusia sejak lama sebagai sumber energi dengan menggunakan berbagai teknologi mulai dari sederhana sampai yang canggih. Pada saat ini alat penggerak mesin diesel merupakan alat penggerak yang paling banyak digunakan sebagai penggerak utama kapal nelayan. Sistem pembangkit listrik hybrid (sel surya dan diesel generator) merupakan salah satu alternatif solusi dari dampak negatif sistem pembangkit konvensional pada kapal – kapal di Indonesia. Di sisi lain, pembangunan kapal ikan secara tradisional kurang mengadopsi beberapa aspek keselamatan di laut. Ini dapat dilihat pada stabilitas kapal yang dihasilkan. Ini sangat berbeda jika nelayan tersebut menggunakan kapal ikan dengan tipe lambung katamaran. Dari permasalahan-permasalahan yang telah dikemukakan di atas, maka penulis berencana mengoptimasi desain kapal ikan konvensional (monohull) menjadi demihull (Catamaran) dengan mengotimasi ukuran utama pada saat tahap pleminary design dan mengubah konfigurasi sistem propulsi yang menggunakan diesel menjadi hibrida (Diesel-PV) agar dapat mengurangi emisi gas buang dan menghemat biaya operasional. Dengan menggunakan metode linier programming, ukuran utama yang didapat setelah perubahan dari mohohull menjadi demihull divariasikan dengan batasan-batasan yang di tentukan. Hasil dari optimasi ukuran utama adalah L=24m, B=7,8m, B1= 3,54m, T= 0,97m, H= 2,00m, S= 5,30m. Daya yang didapat lebih efisien 13% setelah di optimasi. Dengan memvariasikan solar panel dari ukuran 50wp sampai dengan 400wp dengan rentang daya 50wp dan baterai dari daya 5kW sampai 30kW didapat hasil optimasi jumlah yang dapat dimuati dengan batasan-batasan yang ditetapkan pada kapal ini adalah 122 solar panel dengan daya 250wp dan 25 baterai dengan daya 10kW. Dengan konfigurasi hybrid menggunakan jumlah solar panel dan baterai tersebut, biaya BBM dapat di hemat sebesar 10 – 48% tergantung kecepatan yang digunakan yaitu dari 6 – 9 knot. Jika menggunakan kecepatan terendah yaitu 6 knot dapat menghemat konsumsi energi sekitar 23% dalam keadaan cuaca cerah dengan puncak penyinaran matahari selama 5 jam. Dengan jumlah 4 trip dalam setahun saja dapat menghasilkan IRR sebesar 22% dan waktu pengembalian hanya 6 tahun. Dengan mengubah konfigurasi menjadi hybrid, emisi yang di keluarkan oleh kapal ini berkurang sekitar 43%.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Solar Panel, Baterai, Hybrid, Kapal Ikan Katamaran, Konfigurasi Hybrid, Emisi Gas Buang
Subjects: 500 Natural Science/Ilmu Pengetahuan Alam > 531.6 Energy/Energi
600 Technology and Applied Sciences /Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 621.47 Solar Energy Engineering/Teknik Energi Matahari
600 Technology and Applied Sciences /Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 623.8 Nautical Engineering and Seamanship/Teknik Perkapalan, Teknik Nautika dan Ilmu Angkatan laut
Divisions: Fakultas Teknologi Kelautan > Teknik Perkapalan
Depositing User: Rizky Irvana
Date Deposited: 21 Oct 2022 06:02
Last Modified: 21 Oct 2022 06:23
URI: http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/4621

Actions (login required)

View Item View Item