POTENSI PENGHEMATAN ENERGI PADA KAPAL FERRY RO-RO CAR & PASSENGER 850 GT DENGAN MENGGUNAKAN METODE PERUBAHAN PERINGKAT BEBAN PADA GENERATOR

Aldyn Clinton Partahi, Oloan (2020) POTENSI PENGHEMATAN ENERGI PADA KAPAL FERRY RO-RO CAR & PASSENGER 850 GT DENGAN MENGGUNAKAN METODE PERUBAHAN PERINGKAT BEBAN PADA GENERATOR. Masters thesis, Universitas Darma Persada.

[img] Text
Cover.pdf

Download (496kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (170kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (410kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (665kB)
[img] Text
BAB V dan Lampiran.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://repository.unsada.ac.id/cgi/oai2

Abstract

Kapal adalah Kendaraan pengangkut Penumpang di laut pada semua daerah yang mempunyai perairan tertentu. Saat ini Kebutuhan bahan bakar untuk Operasional kapal sangat tinggi sekitar 43% - 60% dari total biaya operasional perusahaan. Hal ini menyebabkan biaya kebutuhan untuk Konsumsi Bahan Bakar menjadi tinggi. Saat ini sudah banyak perusahaan pelayaran, dan pelabuhan yang membuat metode untuk melakukan penghematan energi, tapi belum ada Metode yang jelas untuk menganalisa Potensi Penghematan Energi di Kapal. Oleh Sebab itu saat ini Perusahaan Pelayaran mendesak agar dibuatkan Metode yang tepat untuk melakukan Potensi Penghematan Energi di Kapal. Pada Tesis kali ini akan membahas mengenai Potensi penghematan energi pada kapal Khususnya Kapal Ferry Ro-Ro Car & Passenger 850 GT dengan menggunakan Metode Perubahan Peringkat Beban Pada Generator. Kapal tersebut akan berlayar dari Tanjung Priuk menuju Tanjung Perak. Kapal Ferry Ro – Ro Car & Passenges 850 GT adalah kapal yang digunakan untuk mengangkut penumpang dan kendaraan. Dari segi Kelistrikan Kapal ini menghasilkan daya yang cukup besar sehingga mengakibatkan tingginya biaya yang harus dikeluarkan untuk konsumsi bahan bakar, Oleh Sebab itu Kebutuhan Kelistrikan pada Kapal – Kapal diatas akan di klasifikasikan menjadi 4 Keadaan : Keadaan Kapal Saat Berlayar, Keadaan Kapal Saat Keluar Masuk Pelabuhan, Keadaan Kapal saat Bongkar Muat, dan Keadaan Kapal saat sedang Berlabuh. Setelah dilakukan Analisa Potensi Penghematan Energi pada Kapal dapat diketahui Efisiensi Energi saat Kapal sedang berlayar adalah 14,64%, Saat sedang Keluar Masuk Pelabuhan 23,53%, Saat Sedang Bongkar Muat 22,14%, dan Saat Sedang Berlabuh adalah 22,28%.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Konsumsi Energi di Kapal, Potensi Penghematan Energi di Kapal, Rating Generator, Transportasi Laut.
Subjects: 600 Technology and Applied Sciences /Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 623.82 Nautical Craft/Kapal laut
Divisions: Pasca Sarjana > Energi Terbarukan
Depositing User: Trie anto Perpustakaan
Date Deposited: 04 Nov 2022 02:08
Last Modified: 04 Nov 2022 02:08
URI: http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/4750

Actions (login required)

View Item View Item