Ilham Al, Al Akhyar (2022) PENERAPAN ANALISA TIME SERIES DENGAN METODE ARIMA DAN DOUBLE MOVING AVERAGE UNTUK PREDIKSI PENDAPATAN (Studi Kasus : CV. NAGA AJAK). Other thesis, UNSADA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (684kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (496kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (561kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (513kB) |
Abstract
Peramalan merupakan kegiatan memperkirakan atau memprediksi apa yang akan terjadi pada masa yang akan datang, sedangkan ramalan adalah suatu kondisi yang diperkirakan akan terjadi pada masa yang akan datang. Dalam penelitian ini dilakukan peramalan pendapatan di CV. Naga Ajak dengan menggunakan metode ARIMA dan Double Moving Average. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model yang tepat dengan cara membandingkan antara analisis time series dengan metode ARIMA dan metode Double Moving Average untuk meramalkan CV. Naga Ajak, yang selanjutnya akan diketahui hasil peralaman pendapatan CV. Naga Ajak pada Bulan Januari 2022 sampai Bulan Juli 2022 , Data dalam penelitian ini menggunakan data primer yang diambil secara langsung di CV. Naga Ajak. Dari hasil penelitian ini Metode ARIMA memperoleh hasil MAPE stabil 5,5% sedangkan metode Double Moving Average memperoleh hasil MAPE tertinggi 7,8% dan terendahnya 1,7% .Metode ARIMA lebih unggul memprediksi pendapatan CV. Naga Ajak dibandingkan dengan Double Moving Average.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peramalan, ARIMA, Double Moving Average, MAPE |
Subjects: | 000 Generalities/Karya Umum > 005.1 Programming/Pemrograman |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Informatika |
Depositing User: | Suwatno Suwatno Perpustakaan |
Date Deposited: | 24 Nov 2022 01:58 |
Last Modified: | 24 Nov 2022 01:58 |
URI: | http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/4852 |
Actions (login required)
View Item |