RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI REKOMENDASI PEMBELIAN PRODUK MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA APRIORI PADA TOKO NAZWA BIKE

Priandika Widi, Ramadhan (2022) RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI REKOMENDASI PEMBELIAN PRODUK MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA APRIORI PADA TOKO NAZWA BIKE. Other thesis, UNSADA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (647kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (717kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (713kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (587kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (651kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: http://repository.unsada.ac.id/cgi/oai2

Abstract

E-commerce adalah suatu proses penjualan dan pembelian produk maupun jasa yang dilakukan secara elektronik yaitu melalui jaringan komputer atau internet. Di masa pandemi ini e-commerce bertumbuh sangat pesat, dikarenakan ecommerce membantu orang membeli produk yang diinginkan melalui daring. Semakin banyaknya informasi produk yang ada di internet menghadirkan tantangan baik pembeli maupun pebisnis online dalam lingkungan e-commerce. Persaingan yang berat di antara penyedia e-commerce memberikan peningkatan pada pengembangan teknologi. Banyak sistem e-commerce tidak hanya menampilkan produk – produk tetapi juga perlu didukung oleh pemilihan produk yang tepat untuk menarik perhatian pengunjung situs web. Toko Nazwa Bike adalah toko yang menjual produk – produk sepeda seperti aksesoris sepeda, sparepart, ban dan frame yang bervariasi dari tipe dan merknya. Akibatnya, banyak pembeli yang bingung ketika mereka akan membeli produk di Toko Nazwa Bike, jumlah variasi produk yang ditawarkan kepada pelanggan ketika mereka membeli produk terkadang lebih dari satu produk. Masalah ini mengarah pada ide mengembangkan sistem rekomendasi produk. Data historis dari pengunjung dan pelanggan dapat digunakan untuk menganalisis kebutuhan pengguna dan preferensi produk. Aturan association menggunakan pengetahuan Apriori akan dapat menangkap preferensi pengguna. Dengan mengidentifikasi preferensi pengguna, rekomendasi produk yang valid dapat dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode waterfall dalam pembuatan dan pengembangan sistem dan menggunakan metode Algoritma Apriori untuk mendapatkan rekomendasi produk yang akan ditampilkan. Menurut hasil penelitian, sistem rekomendasi akan membantu pembeli untuk mendapatkan rekomendasi produk ketika membeli produk di website Nazwa Bike, rekomendasi didapatkan dengan metode Algoritma Apriori yang sudah menghitung support, confidence dan mendapatkan korelasi positif dari setiap itemset yang sudah lolos.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Algoritma apriori, E-Commerce, Rekomendasi Produk, Rekomendasi produk berbasis web, Waterfall
Subjects: 000 Generalities/Karya Umum > 005.1 Programming/Pemrograman
Divisions: Fakultas Teknik > Sistem Informasi
Depositing User: Suwatno Suwatno Perpustakaan
Date Deposited: 12 Dec 2022 04:23
Last Modified: 12 Dec 2022 04:23
URI: http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/5006

Actions (login required)

View Item View Item