Fadhil Azhar, Taqiyuddin (2022) RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN MENGGUNAKAN METODE SERVQUAL PADA UPTD PUSKESMAS TRIDAYASAKTI. Other thesis, UNSADA.
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (740kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (868kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
BAB 6.pdf Download (699kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (665kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Puskesmas merupakan salah satu instansi pemerintah yang bergerak dibidang pelayanan kesehatan masyarakat di tingkat kecamatan. Peran puskesmas sangatlah penting dalam menopang kinerja dari instansi kesehatan diatasnya seperti rumah sakit, sebagai upaya pencegahan dan penanggulangan kesehatan masyarakat. Dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan kesehatan yang lebih baik ditingkat puskesmas pada khususnya. Maka diperlukan sebuah konsep atau sistem yang baik yang akan digunakan, sehingga nantinya dapat terwujud suatu pelayanan kesehatan yang bermutu, efektif dan efisien serta dapat meningkatkan kinerja dari puskesmas itu sendiri. Puskesmas Tridayasakti adalah Pusat Kesehatan Masyarakat yang berada di Desa Tridaya Sakti, sebagai solusi untuk kesehatan masyarakat warga sekitar. Selama ini pihak puskesmas belum memiliki umpan balik dan masukan mengenai kualitas pelayanan terhadap pasien, sehingga yang dapat mengetahui faktor-faktor kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien sehingga pihak manajemen Puskesmas Tridayasakti belum dapat mengetahui dan mengevaluasi pelayanan terhadap para pasien yang berobat jalan. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat sebuah sistem penilaian pelayanan berbasis web untuk memudahkan pihak menajemen puskesmas. Aplikasi yang dirancang dalam pembuatan sistem penilaian pelayanan ini menggunakan metode SDLC dalam pembuatan dan pengembangan sistem dan menggunakan metode Servqual untuk mendapatkan penilaian kualitas layanan atas kepuasan pasien. Menurut hasil penelitian, sistem penilaian kualitas layanan akan membantu menajemen puskesmas untuk mendapatkan penilaian pelayanan atas kepuasan pasien berobat di website Kuisioner Pasien, penilaian kualitas layanan didapatkan dengan metode Servqual yang sudah menghitung gap 5, bobot, dan mendapatkan nilai gap 5 positif ataupun negatif dari setiap nilai rata-rata gap 5 berdasarkan dimensi dan sub dimensi. Hasil dari perhitungan Servqual bisa menjadi acuan referensi untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Servqual, Penilaian Kualitas, Penilaian Pelayanan, Penilaian Kualitas berbasis Website, Puskesmas, SDLC |
Subjects: | 000 Generalities/Karya Umum > 005.1 Programming/Pemrograman |
Divisions: | Fakultas Teknik > Sistem Informasi |
Depositing User: | Suwatno Suwatno Perpustakaan |
Date Deposited: | 12 Dec 2022 02:52 |
Last Modified: | 25 Jun 2024 03:57 |
URI: | http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/5031 |
Actions (login required)
View Item |