Leo, Aditya and Indun, Roosiani (2021) PERAN GAME POKEMON GO SEBAGAI SOFT POWER DAN SOFT DIPLOMACY JEPANG. Jurnal Bahasa dan Budaya Jepang, 4 (1). ISSN 2807-7709
Text
PERAN POKEMON GO SEBAGAI....pdf Download (2MB) |
Abstract
Pada penelitian ini, penulis membahas mengenai game Pokemon Go sebagai soft power dan soft diplomacy Jepang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran dari Pokemon Go sebagai soft power dan soft diplomacy yang dimiliki oleh Jepang, serta apa saja pesan-pesan yang disampaikan oleh Jepang melalui game Pokemon Go kepada negara lain. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik analisis, yaitu mendeskripsikan permasalahan penelitian kemudian dianalisis. Hasil dari penelitian ini adalah game Pokemon Go sebagai soft power Jepang memiliki peran untuk mempromosikan budaya dan juga tempat-tempat wisata yang dimiliki oleh Jepang, sedangkan peran game Pokemon Go sebagai soft diplomacy Jepang adalah sebagai landasan bagi negara Jepang untuk berkerja sama dengan perusahaan dan organisasi dari negara lain dan juga untuk membangun citra baik negara Jepang. Kemudian terdapay pesan-pesan yang disampaikan oleh negara Jepang melalui game Pokemon Go kepada negara lain seperti kebersamaan, kebebasan berkespresi yang dapat dilihat dari para pemain game tersebut, mempertahankan budaya, saling menghargai dan memanfaatkan teknologi dengan baik.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Soft power; soft diplomacy; game; Pokemon Go |
Subjects: | 700 The Art, Fine and Sport/Kesenian, Hiburan dan Olahraga > 794.80952 Japanese Electronic Game/Permainan Elektronik Jepang |
Divisions: | Fakultas Bahasa Dan Budaya > Bahasa dan Kebudayaan Jepang |
Depositing User: | Setyo Renny Perpustakaan |
Date Deposited: | 02 Feb 2023 07:56 |
Last Modified: | 02 Feb 2023 07:56 |
URI: | http://repository.unsada.ac.id/id/eprint/5561 |
Actions (login required)
View Item |